Farm Field Day dan Panen Tembakau di Desa Brambang Kecamatan Karangawen

Demak – Sektor pertanian merupakan pendukung utama dalam pelaksanaan percepatan pembangunan di Kabupaten Demak. Selain padi, komoditas yang patut dipertimbangkan adalah tembakau. Di Kabupaten Demak tembakau bersifat spesifik lokalita artinya bisa dikembangkan dengan teknologi yang sesuai dengan potensi agroekosistem wilayah. Tanaman ini hanya dapat tumbuh dan berkembang baik di tiga wilayah meliputi Kecamatan Mranggen, Karangawen, dan Guntur.

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, masalah yang sering dihadapi oleh petani tembakau di Kabupaten Demak adalah fluktuasi harga jual tembakau dan posisi tawar petani yang rendah. Disamping itu, kondisi cuaca atau iklim yang kurang mendukung sangat berpengaruh terhadap kualitas dan produksi tembakau.

“Tahun lalu, petani tembakau di Kabupaten Demak dihadapkan pada kendala perubahan cuaca atau iklim yang luar biasa, yang menjadikan luas tanam dan produksi tembakau  tahun kemarin sangat  menurun dibandingkan dengan tahun-tahun  sebelumnya. Namun alhamdulillah, pada tahun ini, luas tanam tembakau kembali meningkat,”kata Eisti saat mengujungi Farm Field Day (FFD) dan Panen Tembakau yang dilaksanakan di lahan Kelompok Tani Sido Mulyo Desa Brambang Kecamatan Karangawen, Rabu (13/09/23).

Dari data yang terima, luas tanam tembakau di Kabupaten Demak mencapai lebih dari 2.500 hektar, meliputi Karangawen 1977 hektar, Mranggen 215 hektar, dan Guntur 375 hektar. Harga jual pun relatif tinggi. 

“Alhamdulilah harganya ini menurut info tertinggi sekali, 65.000 per kg untuk tembakau kering. Dan tentunya ini ada kemungkinan untuk naik lagi, ini merupakan keberkahan untuk petani tembakau di tengah kondisi El Nino,”jelasanya.

Sementara, Kepala Dinpertan Pangan Agus Herawan menyampaikan, Pemerintah akan terus berupaya mendorong peningkatan kualitas bahan baku dan pengembangan model usaha tani tembakau dengan penyerahan bantuan yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) APBD Kabupaten Demak Tahun 2023. 

Batuan yang diserahkan antara lain paket bantuan alat penjemur tembakau, sarana angkut produksi roda tiga, pompa air, APPO, cultivator, bibit tembakau, pupuk, dan pestisida. (komifo/ist/apj)

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 433
Kunjungan Bulan Ini : 22207
Kunjungan Tahun Ini : 168174

Ikuti Kami