Forkopimda Tinjau Kerja Bhakti Pembersihan Sampah Pasca Banjir DiTamansari

Demak – Plh Bupati Demak Joko Sutanto bersama unsur forkopimda meliputi Komandan Kodim 0716 Letkol Arh Mohamad, Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama meninjau lokasi banjir dan turut dan memberikan arahan petugas dan relawan pembersihan sampah sungai Dolog di Desa Tamansari, Kecamatan Mranggen, Senin (18/01/2021).

Diketahui sungai yang berhulu di Desa Mranak, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang ini semalam mengalirkan air cukup besar hingga melimpas dan menimbulkan banjir di sejumlah desa di Kecamatan Mranggen. Walaupun hanya beberapa jam air merendam pemukiman tetapi hal ini membuat warga sangat khawatir dan resah.

Menurut Kepala BPBD Agus Nugroho LP yang turut mendampingi dilokasi Hal ini diakibatkan adanya tumpukan sampah bambu yang bersarang di salah satu jembatan di Dukuh Mberawah, Desa Tamansari. Sehingga air dari hulu tidak dapat mengalir lancar, dan meluber ke pemukiman warga.

Sementara Dandim Letkol Arh Mohamad Ufiz mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan, pihak TNI BPBD Kabupaten Demak dan sejumlah instansi terkait mendirikan tenda darurat sebagai tempat pengungsian (Posko) di depan Masjid Roudotul Murtadlo Dukuh Mberawah, Desa Tamansari.

” Mobil ambulance dan truk Kodim juga kita siagakan disini, agar apabila terjadi banjir susulan, warga dapat dievakuasi dengan cepat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Plh bupati Joko Sutanto menyampaikan bahwa upaya penanganan bencana tidak bisa ditangani oleh satu instansi namun seluruh perangkat daerah dan elemen masyarakat bersinergi untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan bencana di wilayah.

” Saat ini curah hujan diberbagai daerah masih cukup tinggi untuk itu kami ingatkan agar masyarakat waspada dan tidak membuang sampah disungai, sebab bila sampah terdorong arus sungai dan menumpuk akan menyumbat aliran sehingga air melimpas dan terjadi banjir” Pesan Joko Sutanto

Terlihat dilokasi sejumlah tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Pemuda Pancasila, pegawai Kecamatan dan Pramuka serta relawan melaksanakan siaga di Posko, dan melakukan kerja bhakti pembersihan sampah bambu serta dilakukan peninggian tanggul sungai Dolog dengan menumpuk ratusan karung yang berisi tanah. ( kominfo/ rd/ist).

Tags sosial-dan-peduli-sesama bencana

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 600
Kunjungan Bulan Ini : 3050
Kunjungan Tahun Ini : 199576

Ikuti Kami