Gejala Osteoporosis dan Cara Pencegahannya

Demak - Osteoporosis adalah kondisi ketika tulang menjadi lemah dan sangat rapuh, sehingga apabila osteoporosis tidak di lakukan pemeriksaan sejak dini akan mengakibatkan patah tulang. Patah tulang akibat osteoporosis paling sering terjadi di bagian pinggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. 

"Kondisi osteoporosis biasanya mempengaruhi pria dan wanita yang sudah lanjut usia. Namun untuk wanita yang mengalami monopause memiliki risiko lebih tinggi. Biasanya osteoporosis dapat terjadi pada usia di atas 30 tahun." Jelas dr. Muhammad Lutfi Azizi, SP. OT dari RSUD SUKA saat menjadi narasumber di RSKW 104.8 FM. Rabu, (29/11). 

dr. Lutfi menambahkan bahwa ada beberapa gejala yang dapat di curigai sebagai tanda dari osteoporosis yang meliputi kehilangan tinggi badan, perubahan postur tubuh, sesak napas, patah tulang dan nyeri di punggung bawah. 

"Kita bisa melihat apabila ada ibu-ibu atau bapak bapak yang kehilangan tinggi badannya, menjadi lebih pendek dari biasanya ini termasuk osteoporosis," Katanya. 

Lanjutnya, "Kemudian juga postur tubuh berubah membungkuk kedepan, lalu ada juga yang sampai punggung belakangnya terlihat menonjol, nah ini berati sudah masuk kategori yang parah ya, jadi jangan sampai masuk ke kategori parah baru berobat. Harusnya ketika sudah dirasa nyeri pada badan atau merasa gejala osteoporosis bisa langsung saja periksakan ke dokter agar tidak semakin fatal," terangnya. 

Sementara cara sehat agar dapat mencegah osteoporosis sejak usia muda yakni dengan rutin berolahraga, aktif bergerak dan berolahraga mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Kemudian mencukupi kebutuhan kalsium, dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi seperti produk olahan susu rendah lemak, sereal tinggi kalsium, produk olahan kedelai, kacang almond dan sayuran hijau. 

Konsumsi vitamin D, dengan cara berjemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 10-15 menit. Menghindari kebiasaan buruk dengan menerapkan pola hidup sehat, serta melakukan skrining tes kepadatan tulang secara berkala. (Kominfo/Apj).

Tags demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 84
Kunjungan Bulan Ini : 3158
Kunjungan Tahun Ini : 180385

Ikuti Kami