GEJALA SINUSITIS HARUS DITANGANI SEGERA

DEMAK- Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Kemudian sinus itu dibagi menjadi empat pasang meliputi, Sinusitis akut, sinusitis sub akut, sinus kronis dan sius kambuhan. Sinusitis akut merupakan jenis sinusitis yang paling umum terjadi dan umumnya berlangsung selama 2-4 minggu. Kemudian untuk sinusitis subakut merupakan jenis sinusitis yang berlangsung selama 4-12 minggu, kemudian sinusitis kronis merupakan jenis sinusitis yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu, dan dapat berlanjut hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Dan untuk sinusitis kambuhan adalah jenis sinusitis akut yang terjadi hingga 3 kali atau lebih dalam setahun.

Letak sinus yang terjadi biasanya di sekitar kedua mata atas, kemudian di tulang pipi, batang hidung dan belakang mata. Menghasilkan lendir yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan bakteri atau partikel lain dalam udara yang terhirup dan itu juga berfungsi untuk keseimbangan kepala wajah kemudian untuk mengendalikan suhu dan kelembaban udara yang masuk ke dalam paru-paru.

Hal tersebut disampaiakan Dokter Rento Spesialis THT RSUD Sunan Kalijaga, di studio Radio Suara Kota Wali 104.8 FM, bertemakan “Mengenal Gejala Sinusitis dan Penangannya” didampingi oleh Host Khozin. Selasa, (3/8/21).

Dokter Retno menyampaikan bahwa penyakit sinusitis ini sebenarnya tidak parah tetapi apabila di biarkan terus-menerus dan tidak ditindak lanjuti maka nantinya akan bisa menjadi sangat fatal yang mengkibatkan sampai ketahap operasi sinus. Sinus ini juga penyakit yang dapat ber komplikasi menjalar ke sinus yang lain misalnya ke arah pita suara.

“Sinus ini menyebabkan keluarya lendir dan ada gejala lain, sinus gejalanya memang seperti flu, bahkan sinus ini juga dapat menjalar ke saluran lain atau komplikasi. Jika terkena sinus tapi tidak langsung di tangai maka nantinya akan menjadi sangat fatal bisa sampai ke stadium akhir dan harus di operasi. Sebaiknya sinus ini di obati secara bertahap jangan sampai di biarkan berhari-hari karena nantinya akan sangat tidak nyaman”.


Dokter Retno menghimbau agar yang terkena sinus ini dapat segera di tangani, karena nantinya akan menyebabkan hal yang sangat fatal. Jadi bisa dihindari supaya tidak timbul sinusitis jadi misalkan kalau ada keluhan yang masih ringan seperti alergi atau pilek cepat segera diperiksakan ke dokter, karena kalau dari awal ditangani atau dari awal gejala ringan diobati masih bisa sembuh. Harus rutin untuk mengetahui gejala yang sering timbul. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Tambahnya (Kominfo/Put)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 1017
Kunjungan Bulan Ini : 18174
Kunjungan Tahun Ini : 99568

Ikuti Kami