Gelar Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Bupati Demak Tentang Penyelenggaraan SPAB

Demak – Sekda Demak Akhmad Sugiharto mengapresiasi kepada Migrant Care sebagai salah satu Non Governmental Organization (NGO) positif yang telah menginisiasi penyusunan draft rancangan SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) di Kabupaten Demak.

Hal tersebut disampaikan saat acara Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Bupati Demak tentang Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana, Selasa (30/07/24)  yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak bersama Save The Children dan Migrant Care bertempat di Gedung Gradhika Bina Praja.

”Semoga kedepan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Demak. Karena SPAB merupakan strategis mewujudkan tata kelola penanggulangan resiko bencana aman anak,”kata Sekda.

Menurutnya, dalam penyusunan dan implementasi aturan ini tentunya tidak bisa bekerja sendiri, diperlukan dukungan semua pihak untuk mewujudkan SPAB di Demak.

“Kritik dan saran dalam penyusunan perbup ini sangat kita harapkan agar lebih sempurna dan aplikatif,”jelasnya.

Sementara, Perwakilan Migrant Care, Sinam mengatakan, pembentukan  SPAB di Demak berangkat dari situasi bencana yang dihadapi Kabupaten Demak awal tahun 2024, proses belajar mengajar selama bencana dan pasca bencana, infrastruktur mengalami persoalan. Hal ini mendorong inisiatif bersama untuk mengembangan Satuan Pendidikan Aman Bencana di Kabupaten Demak.

Diharapkan dengan terimplementasikannya SPAB di Demak maka akan mampu meningkatkan kemampuan sumber daya di Satuan Pendidikan dalam menanggulangi dan mengurangi risiko bencana. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana satuan pendidikan agar aman terhadap bencana. Memberikan perlindungan dan keselamatan kepada Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan dari dampak Bencana di Satuan Pendidikan.

Kemudian, memastikan keberlangsungan layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang terdampak bencana. Memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik risiko bencana dan kebutuhan satuan pendidikan. Memulihkan dampak bencana di satuan pendidikan. Serta membangun kemandirian satuan pendidikan dalam menjalankan program SPAB.

“Semoga yang dilakukan ini bisa mewujudkan SPAB di Demak, sehingga anak-anak terlindungi dan mewujudkan Demak yang tangguh,”pungkasnya. (kominfo/ist-rd)

 

 

 

Tags pendidikan layana-publik bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 18
Kunjungan Hari Ini : 860
Kunjungan Bulan Ini : 29705
Kunjungan Tahun Ini : 175672

Ikuti Kami