Gernas Tanam Padi di Fenomena El Nino

Demak - Perwakilan Kementerian Pertanian Direktorat Perlindungan Hortikultura Ginting Tri Pamungkas meninjau kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Tanam Padi saat El Nino di lahan sawah Poktan Dewi Asih I desa Kedungwaru Kidul Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Didampingi oleh perwakilan Distanbun Provinsi Jawa Tengah Cisillia Sunarti, Maxxi Tani Indonesia, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun serta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Herawan. Selasa, (17/10/23). 

Wakil Bupati Demak Ali Makhsun pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dampak El Nino ini mengakibatkan mundurnya masa tanam. 

"Sehingga harga beras terus naik karena tidak adanya produksi padi dari petani. Maka dari itu Pemerintah mendorong untuk transformasi Pertanian dan pengembangan penelitian untuk mengantisipasi dampak El Nino di sektor pertanian," Kata Ali Makhsun. 

Sementara Agus Herawan menyampaikan, tanam padi menggunakan Rice Transplanter di lahan poktan Dewi Asih I seluas 40 ha. 

Dirinya berpesan bahwa kegiatan gernas tanam padi ini dapat segera di lakukan di daerah-daerah lain yang sudah tersedia air agar produksi padi segera tersedia. 

"Kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk wilayah lain yang sudah tersedia air, sehingga dengan dilakukan kegiatan ini maka pasokan padi akan kembali stabil dan harapannya harga beras di tingkat konsumen kembali stabil," tutupnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik ekonomi pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 1
Kunjungan Hari Ini : 724
Kunjungan Bulan Ini : 4755
Kunjungan Tahun Ini : 86149

Ikuti Kami