Hemat Air di Kala Musim Kemarau

Demak - Penyebab krisis air di Kabupaten Demak terjadi karena kemarau panjang disertai dengan fenomena El Nino. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Demak Ali Makhsun pada Talkshow di Radio Suara Kota Wali, dengan tema 'Bantuan Air Bersih dan Solusi Musim Kemarau' di Studio RSKW, Selasa, (19/9/23). 

"Selain itu penyebabnya juga karena ada beberapa instalasi air seperti PDAM dan PAMSIMAS masih mengandalkan sumber air baku permukaan (sungai), kemudian belum memaksimalkan sumber baku sumur dalam, dan terjadinya kerusakan bendung kalijajar yang menjadi penahan air asin," Kata Ali. 

Dengan fenomena ini tentu banyak sektor yang terdampak, seperti sektor permukiman, pertanian, peternakan dan perikanan. 

Air ini merupakan hal yang sangat penting terutama air bersih. Sehingga Wakil Bupati Demak menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat dapat menghemat penggunaan air. 

"Saya minta maaf kepada masyarakat Kabupaten Demak apabila upaya pendistribusian air bersih di Kabupaten Demak belum mencukupi karena memang adanya keterbatasan. Saya harap masyarakat bisa sadar dan mari kita manfaatkan air sebaik baiknya selama masa seperti ini," terang Wabup. 

"Intinya menghemat, tidak berlebihan menggunakan air. Kita bangun kesadaran masing-masing. Yuk kita sediakan embung sumur serapan dan jangan lupa pohon pohon yang bisa menyerap air kita tanam," pungkasnya. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik pertanian-dan-perkebunan bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 4
Kunjungan Hari Ini : 111
Kunjungan Bulan Ini : 1784
Kunjungan Tahun Ini : 83178

Ikuti Kami