Inspektorat Luncurkan Bus Gelatik, Permudah Pemdes Kelola Keuangan

Demak - Inspektorat Kabupaten Demak mempersembahkan satu inovasi berupa Buku Saku Gelar Pengawasan Tematik (Bus Gelatik). 

Serial perdana dengan tema Pemerintahan Desa ini berjudul 'Manual Pengendalian Pertanggungjawaban Belanja Keuangan Desa' (MANTAN BUNGA DESA). Buku Saku Gelar Pengawasan Tematik di buat sebagai upaya untuk membantu pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa yang baik dan benar. 

"Alasan materi ini kami pilih adalah didorong banyaknya keluhan desa yang merasa kesulitan untuk menyusun pertanggungjawaban belanja keuangan desa yang benar," Kata Inspektur Demak Kurniawan Arifendi saat menjadi narasumber Talkshow di RSKW 104.8 FM. Jum'at, (15/9/23).

Yang lebih mengerikan, lanjutnya, adalah ditemukannya praktek pengeluaran kas desa yang tidak sesuai prosedur, penyalahgunaan wewenang dan berujung masalah hukum," tuturnya. 

Dengan adanya buku saku ini, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Pelaksana Kegiatan, dan Bendahara Desa diharapkan dapat memperoleh gambaran lebih jelas tentang kewenangannya. Di sisi lain Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pun akan terbantu terkait ketepatan dalam melaksanakan pengawasan keuangan desa. 

"Dengan judul ini harapannya mampu menarik panjenengan semua untuk membuka dan mempelajari Bus Gelatik ini dimanapun panjenengan bertugas. Dan tentu saja mudah mengingat panduan di dalamnya," tambahnya. 

Pada kesempatan tersebut Kurniawan juga menghimbau agar masyarakat dapat menghindari tindakan korupsi mulai dari diri sendiri. 

"Mulai dari diri sendiri dulu untuk bisa jujur, dari situ kita bisa mencegah adanya korupsi dalam diri kita," pungkasnya.

Untuk informasi Buku Saku Gelar Pengawasan Tematik (Bus Gelatik) telah launching pada 17 Agustus 2023 bertepatan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. (Kominfo/Apj)

Tags inovasi sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 107
Kunjungan Bulan Ini : 1780
Kunjungan Tahun Ini : 83174

Ikuti Kami