Job Fair Demak Libatkan 34 Perusahaan Dengan 3.749 Lowongan

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinnakerind menyelenggarakan Job Fair 2024 yang dilaksanakan dari tanggal 17 Juli sampai dengan 18 Juli yang dibuka hari ini, Rabu (17/07/24) oleh Bupati Demak Eisti’anah di Gedung IPHI Jalan Diponegoro, Jogoloyo Kecamatan Wonosalam. 

Menurut laporan, Kepala Dinnakerind Agus Kriyanto, jumlah penduduk Kabupaten Demak kurang lebih 1,2 juta orang, berdasar statistik tahun 2023 diketahui profil ketenagakerjaan Kabupaten Demak jumlah angkatan kerja terdaftar 671.407 orang. Jumlah angkatan kerja yang bekerja 635.271 orang, jumlah pengangguran terbuka 36.136 orang atau tingkat pengangguran terbuka 5,38 persen.

”dengan adanya Job Fair ini harapan kami bisa menjadi salah satu upaya menurunkan tingkat pengangguran di Demak. Yang diikuti 34 perusahaan dengan total lowongan 3.749 dari berbagai jenis kompetensi dari pendidikan SD hingga Sarjana,” kata Agus.

Sementara, Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, ketersediaan lapangan kerja merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam mengatasi masalah pengangguran. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Tahun 2023, tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Demak mencapai 5,38% dari angkatan kerja yang ada. 

”Alhamdulillah turun sebanyak 0,73% dibanding tahun lalu. Hal ini tentu saja berkat sinergi dan kolaborasi seluruh pihak, mulai dari Perangkat Daerah hingga dunia usaha,” kata Eisti.

Melalui kegiatan ini, Eisti berharap para pencari kerja dapat mengetahui secara langsung informasi lowongan pekerjaan yang ada. Dan pihak perusahaan dapat memanfaatkan momen ini untuk menyerap tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, sehingga mampu mendorong kemajuan perusahaan.

Pada kesempatan tersebut Eisti juga mengucapkan selamat kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang akan menerima sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Merek dan Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). 

”Ini merupakan langkah penting dalam melindungi dan mendorong inovasi, serta peningkatan kualitas produk lokal kita. Semoga sertifikat yang diterima dapat meningkatkan daya saing produk di pasar nasional maupun internasional. Teruslah berinovasi untuk membuka banyak lapangan kerja baru, sehingga angka pengangguran di Kabupaten Demak bisa turun secara signifikan,”pungkasnya. (kominfo/ist-rd)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 20
Kunjungan Hari Ini : 1102
Kunjungan Bulan Ini : 16878
Kunjungan Tahun Ini : 162845

Ikuti Kami