Kabupaten Demak Gelar Pelatihan Konvensi Hak Anak untuk Meningkatkan Perlindungan Anak

Demak - Dinas Sosial P2PA Kabupaten Demak mengadakan Pelatihan Konvensi Hak Anak Tingkat Kabupaten, Kamis, (25/04/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Sosial, P2PA Kabupaten Demak dan juga secara daring melalui platform Zoom dan YouTube. Pelatihan ini dihadiri oleh 60 peserta secara langsung dan 100 lembaga secara daring, termasuk para petugas registrasi Akta Kelahiran, pendidik, pengasuh pesantren, petugas kesehatan, dan aparat penegak hukum.

Siti Lestariyanti, Subkoor KHA Kualitas Hidup Anak, dalam laporannya menyampaikan adapun tujuan dari pelatihan ini, yakni untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang hak-hak anak dan cara pencegahan serta penanganan kekerasan terhadap anak.

"Maksud dan tujuan Pelatihan Konvensi Hak Anak ini adalah peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang hak-hak anak. Peserta memiliki pengetahuan pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak baik di rumah, masyarakat maupun di lingkungan sekolah. Peserta mempunyai pengetahuan menumbuhkan sikap untuk dapat menghargai pendapat anak. Meningkatkan Upaya Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus anak di Kabupaten Demak," katanya.

Plt Kepala Dinsos P2PA Agus Herawan, yang diwakili oleh Untung Waluyo, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, membuka acara dengan menekankan pentingnya pelatihan dalam mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di Kabupaten Demak. Anak sebagai generasi penerus bangsa berhak mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak dari keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

"Hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat dan pemerintah . Kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Daerah untuk mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui perwujudan Kabupaten Layak Anak (KLA)." Kata Untung Waluyo dalam sambutannya..

Lebih lanjut Untung mengungkapkan, "Masa depan bangsa berada di tangan anak saat ini, semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa, sehingga diperlukan sumber daya manusia yang mampu memaknai dan mengimplementasikan konvensi hak anak dalam kebijakan, program dan kegiatan di lembaga atau organisasi tempat bertugas," tuturnya.

Sementara Narasumber utama pada kegiatan tersebut, Paulus Mujiran, Direktur YKKS (Yayasan Kesejahteraan Keluarga Soegijapranata), menyampaikan materi tentang Konvensi Hak Anak. Konvensi Hak Anak/UNCRC adalah instrumen yang menawarkan standar internasional tertinggi untuk perlindungan dan pelayanan anak-anak. Diadopsi pada tahun 1989 oleh Majelis Umum PBB. Konvensi Hak Anak/UNCRC Hingga 2004, ditandatangani dan diratifikasi oleh semua Negara di dunia kecuali USA dan Somalia. Pada 25 Agustus 1990 Indonesia meratifikasi Konvensi Hak Anak/UNCRC melalui Keputusan Presiden No 39/1990. 

"Konvensi ini adalah instrumen global yang menetapkan standar internasional dalam perlindungan dan pelayanan anak. Adapun isi Konvensi Hak Anak Sesuai dengan pengelompokkan cluster meliputi, Langkah-Langkah Implementasi Umum, Definisi Anak, Prinsip-Prinsip Umum KHA, Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, Kesehatan dan Kesejahteraan Dasar, Pendidikan, Waktu Luang dan Kegiatan Budaya serta Langkah-langkah Perlindungan Khusus," kata Paulus. (Kominfo/Apj).

Tags pendidikan sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 67
Kunjungan Bulan Ini : 4098
Kunjungan Tahun Ini : 85492

Ikuti Kami