Kapolres Demak Cek Hewan Ternak Antisipasi penyebaran PMK

Demak - Untuk mengantisipasi wabah Penyakit Mulut Kuku ( PMK) pada ternak di wilayah kabupaten Demak, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono di dampingi plt kadispertan pangan  M.Agus nugroho LP, Kabid peternakan dan keswan Dyah Purwatiningsih, sub koordinator keswan dan kesmavet drh. Sri Padyastuti dan petugas kesehatan hewan melakukan pengecekan di beberapa tempat penjualan hewan ternak, Senin ( 16/5/22).

Pengecekan dilakukan di PT. Sapi Utomo, Desa Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, pasar hewan Karangtengah, kandang sapi dan kerbau di desa Wilalung kecamatan Gajah. 

"Kami turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada di Kabupaten Demak. Tujuannya untuk melakukan screening untuk mencegah penyebaran virus PMK," kata Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono. 

Budi mengatakan, sudah ada arahan dari Satgas Pangan Polda Jateng bagi seluruh Polres untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan langkah langkah antisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak. Langkah yang telah dilakukan di antaranya melakukan survei ke peternakan, pemeriksaan hewan di peternakan dan juga membuat Posko pengaduan bagi peternak yang menemukan indikasi PMK serta mengintensifkan edukasi kepada masyarakat sampai level desa atau kelurahan melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa. 

Sementara Plt. Ka Dinpertan Pangan M. Agus Nugroho LP menyampaikan, Kasus terkonfirmasi positif di Jawa Tengah pada Mei 2022 di kabupaten Boyolali sedangkan untuk kabupaten yang terlaporkan kasus dan masih dalam pengujian sample di laboratorium meliputi Kabupaten Klaten, Banyumas, Purbalingga dan Pemalang. 

" Adapun kabupaten Demak dan 29 kabupaten lainya sampai saat ini belum ada laporan kasus PMK pada ternak" Ujar M. Agus Nugroho. 
( kominfo/rd).

Tags demak nasional kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 1
Kunjungan Hari Ini : 561
Kunjungan Bulan Ini : 12639
Kunjungan Tahun Ini : 71441

Ikuti Kami