Kasus Kekerasan Gender dan Anak Meningkat Pada Masa Pandemi

Demak – Sebagian anak-anak yang berada diwilayah Demak, kini mengalami ancaman selama pandemi Covid-19. Tren penularan virus Covid-19 terus mengintai anak-anak di luar rumah. Namun, untuk tetap berada di rumah saja juga tidak sepenuhnya aman.

Sebab, bedasarkan data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2PA) Kabupaten Demak bahwa kasus kekerasan gender dan anak dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 mengalami kenaikan terutama pada kasus pencabulan, persetubuhan serta kekerasan fisik, dari total 66 kasus menjadi 73 kasus.

Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Ana Istikomah menyampaikan, adanya pemberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tentunya seluruh anggota keluarga, baik orang tua maupun anak mengalami hari-hari yang Panjang di rumah.

Perubahan drastis yang terjadi, lanjutnya, pada rutinitas sehari-hari ini tidak jarang menyebabkan keluarga mengalami konflik antar anggota keluarga akibat timbulnya rasa bosan, jenuh, dan penat. Bukan hanya itu, Ana menjelaskan,  akibat pergaulan yang salah dari anak-anak  dan penggunaan androit yang berlebihan dengan tayangan yang tidak terkontrol menjadi faktor utama. “Kebanyakan anak remaja itu apapun yang ingin dilakukan ya dilakukan tanpa ada pikir panjang, selain itu kurangnya perhatian dari orang tua juga menjadi faktor penentu ”, ungkap Ana saat di temui di kantornya, Kamis (22/04/21).

Untuk meminimalisir tindakan kekerasan tersebut, Dinsos P2PA melaksanakan sosialisasi  terkait cara pencegahan kekerasan terhadap anak. “Dan itu sering kali kami lakukan misalnya di tempat ibu-ibu darma wanita, ibu-ibu PKK. Kami harap tindakan seperti itu dapat dilakukan ketingkat yang lebih rendah, misalnya di desa ataupun di kecamatan”, terangnya.

Ditambahkan, “disini yang lebih utama adalah himbauan dari orang tua, karena orang tua adalah penanggung jawab utama bagi anak-anak yang harusnya lebih care, lebih memperhatikan apa saja apa yang anak lakukan”, pungkasnya.(kominfo/ist)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 102
Kunjungan Bulan Ini : 15878
Kunjungan Tahun Ini : 161845

Ikuti Kami