Ketua DPRD : Soroti Persoalan Rob Dari Banyak Faktor

Demak – Banyak faktor yang menyebabkan persoalan banjir rob di Demak . terutama dibutuhkannya anggaran penanganan rob selain dari anggaran daerah. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Demak, Sri Fahrudin Bisri Slamet (FBS).

“Bicara soal rob harus melihat dari semua sisi. Untuk penanganan rob kita butuh anggaran. Anggaran ini harus kita atur, dari anggaran pemerintah daerah tidak mencukupi,”kata FBS.

Seperti diketahui intensitas hujan di masa akhir tahun ini menyebabkan sejumlah pesisir di Demak mengalami banjir. Baik banjir akibat rob maupun banjir bercampur air hujan dan rob.

FBS menyebutkan terkait anggaran, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pusat. Selain itu, menurutnya, kesadaran masyarakat dalam merawat lingkungan berperan besar dalam penanganan rob.

“kita melakukan koordinasi pada pemerintah pusat dan provinsi terkait dengan penanganan rob. Selain itu, kesadaran masarakat juga dapat ikut serta di dalam penanganan rob ini, seperti melakukan aksi dengan menanam pohon mangrove dan sebagainya sehingga abrasi ini tidak semakin parah,” terangnya.

Lebih lanjut, FBS juga menyoroti adanya pengambilan air tanah untuk kebutuhan rumah tangga dan perusahaan di wilayah pesisir. Ia menyarankan agar hal tersebut bisa dikoordinasi dengan pihak terkait agar tidak memicu cepatnya penurunan tanah dan mengakibatkan banjir rob semakin parah.

“Jadi ini kan persoalan banyak sisi ya. Dari pemanasan global dan sebagainya juga berpengaruh sekali. Dan kita berharap di dalam pesisir ya tidak ada pengambilan air bawah tanah. Harusnya ini ada solusi yang jelas apakah ada bendungan untuk PDAM dan sejenisnya perlu kita koordinasikan sehingga kita dapat solusi yang tepat,” pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 901
Kunjungan Bulan Ini : 25590
Kunjungan Tahun Ini : 56893

Ikuti Kami