Konstruksi Sekolah Panggung Merupakan Inovasi SPAB

Demak – Migrant care dan  Save the children bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak kembali mengadakan Workshop SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana)  sebagai tindak lanjut dari kegiatan semiloka yang sudah dilakukan pada tanggal 11 juni 2024.

 

Workshop terkait penyusunan regulasi SPAB Inklusif  berlangsung selama 2 hari mulai 27 juni hingga 28 juni 2024 di Hotel Amantis Demak.

 

Kabid pembinaan SD dan SMP Dindikbud Demak, Nadhi Alawi menyampaikan, Salah satu inovasi agar sekolahan aman dari bencana, dibangun dengan struktur panggung untuk sekolahan dan lebih efisien biayanya.

 

“Salah satu inovasi yang sudah dilakukan sebagai upaya agar bangunan sekolah aman dari bencana adalah dengan adanya bangunan panggung untuk sekolahan. Desain bangunan panggung dirasa lebih efisien dari segi biaya di bandingkan dengan bangunan apung ataupun pengurugan tanah dalam konstruksi.,” kata Nadhif , Kamis (27/06/2024).

 

“ Bangunan panggung untuk sekolah dibuat berjarak 2,5 meter dari permukaan tanah, dengan atap yang dibuat dari baja ringan yang standarnya dinaikkan, Kami  juga melarang pihak sekolah untuk menggunakan kuda-kuda beton. Tanah di demak itu labil, begitu terjadi pergeseran maka akan retak, “Tambah Nadhif.

 

Terpisah, Hendri Setiorokim, guru SDN Tugu 2 sayung saat ditanya apakah wilayah kecamatan tersebut sudah memiliki bangunan sekolah panggung , dirinya menyatakan, ada beberapa sekolah di Sayung yang sudah dibangun dengan desain rumah panggung diantaranya SDN Sidogemah 2, SDN Purwosari 2, SDN Sriwulan 3, SMPN 2 Sayung dan SMKN 1 Sayung. (Kominfo/Nin)

Tags inovasi pendidikan sosial-dan-peduli-sesama demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 14
Kunjungan Hari Ini : 584
Kunjungan Bulan Ini : 14925
Kunjungan Tahun Ini : 160892

Ikuti Kami