Latih Crimping Kabel LAN, Siswa PKL Sangat Antusias

Demak – Tidak hanya dilatih terkait Pelatihan Baris Berbaris (PBB) saja, namun siswa PKL (Pelatihan Kerja Lapangan) di Dinkominfo juga di ajarkan cara-cara standar atau dasar pembelajaran tentang jaringan, terutama untuk crimping kabel LAN. Jelas Sub Koordinator Pengembangan Ekosistem dan Tata Kelola E Gov pada Bidang Aplikasi Informatika Dinkominfo Kabupaten Demak, Bimo Ajar.

“Karena jaringan yang kita gunakan ada kabel LAN, ada kabel FO, ada juga kabel wireless. Ini pelajaran pertama kita ajarkan crimping kabel LAN,” kata Bimo disela-sela pelatihan, Jum’at (14/01/22) di Ruang Rapat Dinkominfo.

“Di sekolahan mungkin sudah diajarkan juga, tapi karena mereka disini tujuannya untuk belajar jadi kita ajarkan untuk memperdalam ilmunya. Sehingga saat kembali kesekolahan ada ilmu atau bekal yang dipergunakan,” tambahnya.

Bimo juga menjelaskan, nantinya pelatihan akan dilakukan secara bertahap seperti setting router, mengoneksikan router, setting wireless untuk akses point dan untuk WIFI.

Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, terlihat para siswa sangat antusias dan senang. Merekapun diminta secara bergantian untuk mencoba men-crimping kabel LAN.

Sementara, Staf Kominfo Fajar Aji Nugroho mengatakan, para siswa pelatihan rata-rata sudah cukup aktif dan sudah dibekali pelajaran dasar tentang jaringan di sekolah dan langsung bisa dipraktekkan di pekerjaan. 

“rata-rata mereka sudah paham, itu dibuktikan dengan anak-anak sudah bisa mempraktekkan crimping kabel LAN dengan baik,”ujarnya.

“Untuk kesulitannya karena siswa belum dikenalkan ke perangkat-perangkat jaringan yang ada. sehingga ketika siswa menemui perangkat-perangkat jaringan tersebut siswa kesulitan untuk melakukan setting pada perangkat tersebut, sehingga diperlukan pendalaman dalam setting perangkat,”tutup Fajar. (kominfo/ist)

Tags pendidikan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 18
Kunjungan Hari Ini : 278
Kunjungan Bulan Ini : 23040
Kunjungan Tahun Ini : 104434

Ikuti Kami