Libur Lebaran Makam Sunan Kalijaga Ramai Peziarah

Demak - Wisatawan Religi atau peziarah mulai memadati makam kanjeng Sunan Kalijaga maupun makam Raden Fatah yang ada di komplek Masjid Agung Demak pada libur Lebaran tahun 1444 H. Sebelumnya makam tersebut sempat sepi peziarah pada Bulan Ramdhan, namun kini sudah mulai ramai kembali. Selasa, (25/4/23). 

Raden Suharto selaku pengawas makam, menyampaikan bahwa, sejak tanggal 1 Syawal 1444 H Makam Sunan Kalijaga sudah ramai peziarah dari dalam maupun luar kota.

"1 Syawal sudah banyak pengunjung dari dalam kota maupun luar kota yang datang untuk berziarah ke makam mbah Sunan, namun untuk saat ini kebanyakan dari lokal Demak sendiri” kata Raden Suharto. 

Dirinya menambahkan bahwa peningkatan peziarah saat ini kurang lebih 40 persen dari hari biasa

" Kira-kira peningkatannya sekitar 40 persen dari hari-hari biasa, " Tambahnya. 

Sementara salah satu pedagang di area makam Sunan Kalijaga, Nur Salim mengatakan, dirinya sudah membuka lapaknya pada lebaran kedua, setelah libur satu bulan penuh saat bulan Ramadhan.

"Saya lebaran hari ke dua baru buka kembali lapaknya. Karena sempat tutup full satu bulan saat Ramadhan. Kios lain pun demikian sama tutupnya sebab gak ada rombongan datang tuk ziarah," Pungkasnya. 

Kepadatan peziarah juga terlihat di makam Kanjeng Sultan Fatah, banyak pemudik yang istirahat maupun sholat di Masjid Agung Demak. Tempat parkir mobil yang ada pun penuh baik di sisi kiri maupun kanan alun alun Demak. Mereka berdatangan dari berbagai daerah, hal ini terlihat dari plat nomor polisi nya. (Kominfo/Apj-Rd)

Tags wisata seni-dan-budaya sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat wisata-religi de

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 829
Kunjungan Bulan Ini : 25518
Kunjungan Tahun Ini : 56821

Ikuti Kami