Lingkungan Keluarga Berperan Bentuk Karakter Remaja

Demak – Remaja menjadi aset terpenting untuk sebuah negeri. Meningkatnya populasi manusia setiap tahunnya begitu juga populasi remaja tentunya, namun sangat disayangkan seiring kemajuan teknologi terjadi penyimpangan pada remaja, dari segi moralitas hingga pergaulan mereka. 

Melihat kondisi demikian, Dosen Universitas Sultan Fatah Demak, Suemy menyampaikan, pendidikan keluarga sangat penting dalam pembentukan karakter remaja, guna untuk membentuk foundasi yang kokoh.

“Pembentukan karakter remaja sejak dini sangat diperlukan untuk memperkuat foundasi mereka. Jika foundasi mereka kokoh, misal remaja di tempatkan di lingkungan yang cenderung negatif, maka  hal-hal negatif akan terkikis dengan foundasi yang kuat”, kata Suemy, Kamis (02/09/21) saat di temui seusai talkshow bincang pagi di Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM.

Ia menyebutkan, dengan pola asuh yang efektif akan mendidik anak untuk membangun perilaku positif, mampu mentolerir rasa frustasi, mampu menunda tuntutannya serta mampu mengendalikan emosi.

“Manfaat dari pembentukan karakter pada remaja salah satunya mampu mengendalikan emosi. Sebenarnya tidak ada untungnya jika kita menghadapi sesuatu dengan emosi. Akan menjadi kelanjutan yang negatif jika tidak dapat mengendalikan emosi tersebut,” terang Emy.

Sementara, menggapi terkait pembentukan karakter remaja, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Endah Cahyarini mengatakan, dengan menggunakan pola asuh yang tepat akan membuat anak memiliki kejujuran, kemandirian, serta rasa peduli terhadap sesama makhluk hidup.

Bukan itu saja, lanjutnya, dengan pola asuh akan mencegah anak dari rasa cemas, depresi, pergaulan bebas, mengkonsumsi alkohol, serta penggunaan obat-obat terlarang. 
Lebih lanjut, Endah menjelaskan, adapun langkah yang dilakukan di rumah dalam membentuk karakter remaja meliputi, jangan memanjakan anak, ajarkan anak mandiri, menjadi contoh yang baik, terapkan batasan untuk anak serta luangkan waktu untuk anak.(kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 1263
Kunjungan Bulan Ini : 28782
Kunjungan Tahun Ini : 174749

Ikuti Kami