Luapan Sungai Pucang Gading Rendam Permukiman Warga

Demak –   Sejumlah warga Desa Prampelan Kecamatan Sayung mengungsi karena rumahnya terendam banjir akibat luapan Sungai Pucang Gading (seruni) serta hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut. Proses pengungsian warga dibantu petugas TNI, Polri, dan BPBD Kabupaten Demak.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono melalui Bhabinkamtibmas Desa Prampelan Bripka Rahayu Widodo menyampaikan, Sebanyak tujuh keluarga yang rumahnya terdampak parah, dievakuasi oleh tim gabungan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kita bantu evakuasi. Ada beberapa rumah yang terendam air dengan ketinggian sekitar 20 sampai 50 sentimeter,”kata Bripka Rahayu Widodo,Kamis (29/12/22).

Untuk mengurangi dampak banjir agar tidak semakin meluap ke permukiman warga, dirinya mengusulkan pembuatan talut secara swadaya dengan menggunakan karung yang diisi oleh pasir. Namun, jika banjir terjadi lagi pihaknya menyarankan perangkat Desa Perampelan untuk meminta bantuan Pemerintah Kabupaten Demak.

Tambahnya, Ia menghimbau kepada warga agar tidak panik dalam menghadapi situasi banjir seperti ini. Tetap tenang serta amankan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi atau aman dari banjir.

Sementara itu, Kapolsek Sayung Iptu Suprapto memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas untuk tetap memonitor situasi di desa binaannya masing-masing, mengingat saat ini cuaca sedang buruk dan rawan terjadinya bencana alam. "Bhabinkamtibmas harus wajib hadir membantu warga binaanya apabila terjadi bencana alam, laporkan segera kepimpinan bisa mengambil langkah kebijakan selanjutnya," ucapnya. (kominfo)

Tags bencana demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 186
Kunjungan Bulan Ini : 24875
Kunjungan Tahun Ini : 56178

Ikuti Kami