Madu Mongso Kue Khas Demak Berbahan Beras Ketan

Demak – Madu Mongso merupakan kue basah khas Demak yang cocok dihidangkan saat lebaran maupun dapat dijadikan oleh-oleh saat berkunjung di Demak. Kue berbahan dasar beras ketan ini memiliki daya simpan 3 bulan dan biasaya dibungkus dengan kertas minyak warna-warni.

Salah satu pembuat Madu Mongso yang berada di  sentra pembuatan kue madu mongso dari desa Mutih Kulon kecamatan Wedung Nur Aini menyampaikan, Madu Mongso banyak di produksi di bulan Ramadan karena untuk kebutuhan Lebaran.

“Biasanya jika menjelang Idul Fitri produksinya semakin meningkat, sekali buat sekitar 15-20 Kg , setiap 2 hari sekali. Namun jika  bukan bula Ramadan, hanya membuat sesuai pesanan saja, untuk harganya Rp 60 ribu perkilogramnya,”kata Nur Aini, Kamis (07/04/22).

Dalam hal pemasaran , Aini mengaku produk Madu Mongso buatannya masih mengandalkan para pengepul atau Bakul dari ke Jepara , Kudus , Pati dan Semarang.

Selain Nur Aini, di Desa Mutih Kulon masih ada lima pengusaha yang memproduksi produk yang sama.  Jika dikembangkan menjadi kelompok usaha tentunya akan menambah potensi Desa Mutih Kulon. Tentunya perlu dibantu dalam hal pembinaan terkait ijin usaha , PIRT, label Halal, modal usaha serta dalam hal pemasaran.(kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 1017
Kunjungan Bulan Ini : 18174
Kunjungan Tahun Ini : 99568

Ikuti Kami