Mengenal DCangik Group Kesenian Daerah Yang Mempertahankan Budaya Warisan

Demak – D’Cangik merupakan  group kesenian asal Demak yang yang sering tampil membawakan kesenian khas daerah. Mereka tampil dari panggung ke panggung pertunjukan maupun undangan perorangan. Berdiri atas inisiatif dari tiga remaja yang memiliki talent seni daerah diawal tahun 2022. Mereka patut di banggakan karena ketiga sebagai pelaku seni yang nguri nguri budaya jawa.

Mereka sering pentas dengan seni tari, dagelan dan cucuk lampah pada hajatan pernikahan. Nama D’Cangik muncul terinspirasi dari sosok dalam tokoh wayang Cangik, yakni seorang emban yang selalu kehadirannya di tunggu-tunggu penikmat ringgit wayang. Cangik dalam pewayangan di gambarkan seorang wanita tua yang masih lincah suka menari, selalu gembira jika kemana-mana selalu membawa sisir dan cermin. Dari alasan tersebut nama D’Cangik diambil, karena sosok tersebut sangat lucu dan sangat menghibur.

Ika Febriani Laksaningtyas adalah penggagas agar group tersebut diberikan identitas. “Saya yang menggagas agar group ini harus memiliki identitas, nama logo dan lain-lain. Akhirnya kita menyepakati dengan nama D’Cangik,” Kata Ika saat di hubungi tim pemberitaan Kominfo, Selasa (15/11/22).

Group yang lahir awal tahun 2022 ini beranggotakan 3 orang yang terdiri dari Supriyadi dengan nama panggung Jefri, Dedi Puji Lesmono dengan nama panggung Nesta dan Ika Febriani Laksaningtyas (Ika).

“Latar belakang kami sendiri berbeda-beda, Jefri  seorang MUA, desainer dan instruktur senam.  Nesta dari latar belakang seorang MC, model dan freelance. Sementara saya seorang penari, pelatih, usaha kecil-kecilan, ”jelas Ika.

Ika mengungkapkan, awal mula dirinya bergabung di D’cangik. “Awal mulanya mereka (Jefri dan Nesta) kepingin bisa nari tradisional jawa, kemudian meminta saya untuk melatih tari, dari situlah mulai ada tawaran nyucuk lampah. kemudian kami bentuklah grup ini, dari situ banyak tawaran untuk ndagel dan pertunjukan tari di berbagai event, dari Demak hingga luar kota seperti Cilacap dan Grobogan.”

“Untuk beberapa event misal kalau di butuhkan lebih dari 3 orang. Biasanya kita mengajak partner-nya D’Cangik,”tambahnya.
Lebih lanjut, Ika berharap untuk kedepannya D’cangik dapat lebih banyak di kenal oleh masyarakat, serta dapat menghadirkan hiburan yang tidak hanya sekedar tontonan namun bisa menginspirasi banyak orang. 

Group D'Cangik juga tercatat sebagai anggota Forum Kesenian Media Tradisional atau FK METRA dibawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika Demak. Sebagai mitra kerja dalam menjalankan misi diseminasi informasi yang merupakan bagian tupoksi dari dinas Kominfo Demak. (kominfo/Rd/ist)

Tags hiburan seni-dan-budaya demak hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 574
Kunjungan Bulan Ini : 3024
Kunjungan Tahun Ini : 199550

Ikuti Kami