Mengenal Group Rebana Banten Kauman Bintoro Sudah Setengah Abad Berdiri

Demak - Grup Rebana Bantenan Kampung Kauman Bintoro merupakan group kesenian  yang masih  exis hingga sekarang. Meskipun grup rebana ini sudah sering berganti  pemain anggotanya . Grup rebana yang didirikan era 50an ini sering ditampilkan saat acara khusus atau peringatan hari besar Islam yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Agung Demak. 

Penampilan dan aksi rebana grup ini memiliki ciri khas irama musik rebananya. Dan menggunakan  rebana atau terbang besar yang di gantung di tiang yang terbuat dari kayu, jumlahnya pun banyak dengan melantunkan syair sholawat dengan gaya lama. 

Uniknya, para pemain rebana yang berjumlah 35 orang didominasi  oleh usia di atas 60 tahun. Namun mereka tetap semangat dalam memainkan rebana maupun melantukan sholawat.

Abdul Wahab salah satu anggota asli warga kauman mengaku sudah bergabung di rebana ini sejak tahun 1985. Dirinya menyampaikan regu rebana sepuh ini sudah sering berganti pemain dikarenakan anggotanya sudah meninggal dunia dikarenakan usia. 

"Dulu namanya Perkumpulan Rebana Kauman yang telah berdiri sejak tahun 1950. Dan telah di sahkan oleh Kantor Departemen P dan K Demak, kalo sekarang ya Dindikbud pada bulan maret tahun 1979." Jelas Abdul Wahab. 

"Banyak anggota yang telah wafat, namun selalu ada penggantinya. Meskipun demikian irama rebana ini tidak berubah, dan tetap konsisten mempertahankan sejarah berdirinya rebana ini di era tahun 50an" Lanjut Abdul Wahab yang kini berusia 66 tahun. 

Grup rebana kauman ini sering tampil pada acara khusus yang diselenggarakan oleh pemkab. Seperti iringan tumpeng sembilan saat grebeg besar, khaul Agung  Kanjeng Sultan Fatah atau saat kegiatan keagamaan dan menerima tamu kehormatan. Bahkan juga di rumah rumah warga yang punya hajat pernikahan atau khitan. 

Sulit Cari Generasi

Sementara anggota rebana lainya  Hadziq mengatakan, saat ini sulit mencari penerus kesenian rebana Bantenan ini. Sebab sudah banyak alat musik yang lebih modern dan mudah untuk di mainkan. Oleh karena itu, anggota yang masih exis ini  tetap setia berkarya dalam seni untuk masyarakat dan menjaga budaya. 

“Anak-anak muda atau kaum milineal lebih senang memainkan rebana dan sholawatan modern. Dengan peralatan yang modern pula. Nah Jika khas bantenan ini tidak dilestarikan atau di pertahankan  bisa punah dan  hilang. Padahal ini salah satu media dakwah Islam lewat seni. Selain itu juga sebagai wahana untuk mengagungkan Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya rebana ini bacaan Maulidul Rasul lebih terasa jika didengarkan”, pungkas Hadziq.(Kominfo/ rd)

Tags seni-dan-budaya demak hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 816
Kunjungan Bulan Ini : 25505
Kunjungan Tahun Ini : 56808

Ikuti Kami