Menikmati Dawet Di Pasar Ndoro Bei

Demak - Dawet Ndoro Hayu yang dijajakan di Pasar Ndoro Bei, menarik perhatian pecinta kuliner. Dawet ini memberikan rasa sensasi yang berbeda dari dawet lainnya, sebab racikan gula sebagai pemanis dawet berbahan baku kayu secang. Penyajiannya pun sangat menarik mencerminkan nuansa jadul. Dawet yang dinikmati pembeli disajikan dalam wadah mangkok yang terbuat dari batok kelapa, adapun sendok nya juga berbahan batok yang dipadukan dengan kayu sebagai pegangan. 

" Menu Dawet yang saya jual ini berisi selain dawet ada kolang kaling potongan roti tawar, puding warna warni, dengan santan yang terbuat dari kelapa pilihan. Untuk menambah rasa manis yang lain dari biasanya. Disini saya berikan sirup atau gula yang di buat dari bahan baku kayu secang,"kata Sofiatun.

Sementara, salah satu pembeli, Isti yang datang bersama keluarga mangaku Dawet Ndoro Hayu ini rasanya beda, tidak seperti yang pernah dibeli.

"Rasa sirupnya enak, wangi dan santannya juga gak bikin seret di tenggorokan, "kata Isti.

Catur Sasangka 

Plt Kadinparta Endah Cahyarini menyampaikan,  Pasar Ndoro Bei merupakan bagian dari kegiatan Catur Sasangka yang merupakan ikhtiar merawat sejarah dan diharapkan menjadi pionir dari pelestarian budaya bangsa.

"Acara ini dikemas secara apik dalam gelaran penuh kreasi estetik sehingga dapat dinikmati oleh generasi muda. Dan diharapkan menjadi tonggak dan momentum pergerakan ekonomi kreatif di Kabupaten Demak,"kata Endah.

Ditambahkan Endah, Catur Sasangka merupakan inisiasi teman-teman Sanggar Padma Baswara yang menempa tunas-tunas muda khususnya seni tari yang bertujuan dapat menginspirasi, bergerak dalam pelestarian budaya lokal dan pembinaan kreativitas generasi muda melalui seni dan budaya. (Kominfo/rd/ist)

Tags wisata demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 2
Kunjungan Hari Ini : 76
Kunjungan Bulan Ini : 1749
Kunjungan Tahun Ini : 83143

Ikuti Kami