Merubah Mindset dan Mental Miskin Berpengaruh Menurunkan Angka Kemiskinan

Demak – Program Keluarga Harapan yang juga disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Jelas Kepala Dinsos P2PA Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito pada Rakor Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Demak Tahun 2021di Hotel Amatis, Rabu (07/04/21).

Disampaikan, program ini merupakan percepatan penanggulangan kemiskinan dan sekaligus pengembangan sistem jaminan sosial kepada warga miskin.”Jadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial yakni melalui program keluarga harapan atau PKH tersebut”, kata Eko.

Sementara, Sekda Demak Singgih Setyono dalam sambutannya menyampaikan, program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan menurunkan kemiskinan di Kabupaten Demak. Namun program ini juga dapat menjadi penghambat faktor turunnya angka kemiskinan karena sifat dasar manusia yang gemar menerima bantuan.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini masyarakat masih memiliki mental miskin. Begitu ada survey pendataan warga miskin, semua mengaku miskin. Jadi orangnya menggantungkan bantuan, tidak mau berubah”, ujarnya

Menurutnya, untuk merubah mindset masyarakat, dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat. “Kita gandeng ustadz, kyai, Tokoh-tokoh agama”, terangnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap melalui program ini, angka kemiskinan di Demak semakin berkurang dan memutus rantai kemiskinan serta dapat mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. (kominfo/ist/rd)

 

Tags sosial-dan-peduli-sesama demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 3
Kunjungan Hari Ini : 84
Kunjungan Bulan Ini : 12162
Kunjungan Tahun Ini : 70964

Ikuti Kami