Mewujudkan Pendidikan Bebas Bullying untuk Indonesia Maju

Demak - Bullying atau perundungan adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang atau sekelompok orang yang berkuasa dengan tujuan menyakiti orang lain. 

Jika dilakukan secara terus menerus, bullying memiliki dampak yang cukup fatal. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terganggu, namun juga kesehatan mental. Korban bullying akan menjadi minder, tidak percaya diri bahkan bisa saja melakukan percobaan bunuh diri.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Bupati Demak Eisti'anah pada Seminar Nasional bagi Anggota PGRI Kabupaten Demak dalam rangka HUT ke-78 PGRI dan HGN Tahun 2023 yang bertemakan 'Tranformasi Guru dalam Mewujudkan Pendidikan Bebas Bullying untuk Indonesia Maju', di Pendopo Satya Bhakti Praja, Minggu, (12/11/2023). 

Bupati Demak Eisti'anah juga menyampaikan bahwa transformasi guru sebagai agen perubahan menjadi kunci utama dalam menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan.

"Guru bukan hanya sebagai penyampai materi pelajaran, tetapi juga sebagai sosok yang membentuk karakter, moral, dan etika siswa. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjadikan pendidikan sebagai sarana untuk memupuk sikap saling menghormati, empati, dan kerjasama," jelasnya. 

"Mari jadikan setiap ruang kelas sebagai tempat di mana setiap siswa dapat tumbuh dan berkembang tanpa rasa takut atau tekanan dari bullying. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk membentuk generasi yang lebih baik, yang tumbuh dalam lingkungan belajar yang positif dan membanggakan," pungkasnya. 

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Demak, Sapon menyampaikan, latar belakang diadakannya seminar nasional yang diikuti utusan anggota PGRI di 14 kecamatan dan pengurus kabupaten itu adalah keprihatinan pada mudahnya aksi bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. 

"Bahkan kini tak hanya terjadi di jenjang SMP dan SMA sederajat, namun juga di tingkat SD/MI," kata Sapon. 

Hadir pada kegiatan tersebut, ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah, Muhdi, Guru Besar Universitas Negeri Semarang, DYP Sugiharto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, Ketua PGRI Kabupaten Demak beserta seluruh jajarannya, Pimpinan Bank Jateng Cabang Demak atau yang mewakili, Kepala Nasmoco Demak, Direktur PT LKM Demak Sejahtera, serta tamu undangan. (Kominfo/Apj).

Tags pendidikan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 9
Kunjungan Hari Ini : 411
Kunjungan Bulan Ini : 1121
Kunjungan Tahun Ini : 82515

Ikuti Kami