MURI Kembali Berikan Penghargaan Di Event Grebeg Besar Untuk Ancakan

Demak - Pemkab Demak kembali catatkan Rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) pada event Grebeg Besar 2024. Dengan Ancakan Sajian Terbanyak serta Gunungan Terbanyak. Penyerahan penghargaan perwakilan dari MURI Semarang, Sri Widayati kepada Bupati Eisti'anah di pintu gerbang Makam Kadilangu, Senin (17/6/24) setelah pelaksanaan penjamasan pusaka Sunan Kalijaga. 

Penghitungan Sego ancakan dilakukan MURI pada saat tradisi Ancakan yang merupakan sedekah dari ahli waris kadilangu kepada peziarah pada malam Idul Adha berjumlah 521 ancakan. Yang sesuai dengan usia kabupaten Demak. Penghargaan di berikan mengingat setiap tahunya hanya disediakan kurang lebih 300 ancakan. 

Sri Widayati menyampaikan  MURI  memberikan apresiasi yang luar biasa atas kegiatan pengangkatan kearifan lokal ini.

" Kami mewakili Pendiri  MURI Bapak Jaya Suprana mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa kegiatan tersebut resmi tercatat di Museum Rekor Indonesia,  dan kami sampaikan disini kegiatan kali ini tidak hanya tercatat sebagai rekor nasional namun dikukuhkan sebagai rekor dunia,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Eisti’anah dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi yang  telah dibudayakan atau dijaga ini Insyaallah di tahun-tahun depan bisa dievaluasi demi mempersembahkan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Demak.

"Terimakasih kepada pihak kasepuhan, kemenag dan seluruh panitia yang memberikan hal yang terbaik, dan untuk  MURI Indonesia semoga kedepannya kita dapat terus bekerjasama,” tambah Eisti’anah.

Sedangkan Kepala Dinparta, Endah Cahyarini  menyampaikan Terimakasih kepada Bupati atas susur suwur dan sembur mencarikan, memberi dan mendoakan kami sehingga kegiatan grebeg besar ini dapat menjadi kegiatan prioritas. 

Dirinya berharap semoga pariwisata di Kabupaten Demak semakin maju dan berhasil menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Demak. 

Sebagai informasi pada tahun 2022 Grebeg Besar Demak mencatatkan rekor MURI jumlah iringan bendi terbanyak. Kemudian tahun 2023 mencatatkan rekor 1.444 porsi nasi pedhetan dan jamu coro. ( kominfo/ rdy/Nin)

 

Tags wisata seni-dan-budaya wisata-religi demak hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 24
Kunjungan Hari Ini : 569
Kunjungan Bulan Ini : 14910
Kunjungan Tahun Ini : 160877

Ikuti Kami