Obyek Wisata Baru Pulau Tirangan

Demak– Warga Wedung Utara saat ini mempunyai tempat baru untuk kegiatan kupatan atau momen tujuh hari setelah lebaran. Warga setempat menyebut pulau kecil ini pulau Tirangan yang letaknya di dekat desa Babalan kecamatan Wedung kabupaten Demak. Untuk menuju ke pulau timbul ini warga harus naik perahu dengan jarak tempuh sekitar setengah jam dari desa Kedungmutih dan 20 menit dari desa Babalan.

Adanya pulau Tirangan ini warga desa Kedungmutih ,Babalan,Kedugkarang dan sekitarnya yang biasanya “praon” ke Pantai Kartini kini berpindahke pulau dari tanah timbul.

Mereka para nelayan mengajak anggota keluarga dan tetangga mendarat di pulau yang pasirnya coklat ini. Mereka membawa bekal makanan dan minuman dari rumah sampai di pulau Tirangan bekal dibuka dan dimakan bersama-sama.

” Saya berangkat dari rumah sekitar jam 09.30 biasanya lomban ke Jepara.Tapi sudah dua tahun ini saya ajak keluarga ke pulau Tirangan ini karena kita bisa leluasa mandi air laut di sini. Airnya bersih dan suasanya nyaman untuk anak- anak ” ,Kata Ahmad Nur  Said (27) nelayan setempat, Senin (9/5/2022).

Pulau Tirangan di lepas laut antara Kedungmutih – Babalan ini lebarnya kurang lebih 100 meteran dengan bentang pantai sepanjang 1 Km lebih .Sehingga bisa menampung ratusan perahu. Yang istimewanya air di pantai tirangan ini cukup bersih sehingga pengunjung bisa mandi air laut sepenuhnya. Namun sayang pulau ini tak berpenguni sehingga tidak ada yang membuka Kamar mandi umum untuk bilas. Selain itu tanpa ada pepohonan besar yang teduh .

Oleh karena itu pengunjung harus bawa air bilas ,bekal dan juga tenda untuk berteduh jika ingin berlama lama di pulau kecil tak perpenghuni ini.

Nah bagi ada yang ingin mengunjungi pulau Tirangan ini caranya harus berombongan nyarter perahu. Untuk ongkos sewa perahu bisa nego dengan para nelayan atau bisa menghubungi SIBAT PMI desa Kedungmutih di Eko Wisata REDUKSI Mangrove desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak.(kominfo/Muin)

Tags demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 69
Kunjungan Bulan Ini : 7866
Kunjungan Tahun Ini : 55196

Ikuti Kami