Orang Tua dan Guru Berperan Dalam Masa Depan Anak Yang Berkualitas

DEMAK - Pelatihan peningkatan kompetensi pendidik PAUD bagi guru TK Non PNS Kabupaten Demak Tahun 2021, dihadiri oleh para pejabat tinggi di Kabupaten Demak, yakni Bupati Demak Eisti’anah, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, dan Sekda Demak Singgih Setyono. Bertempat di Aula Budi Utomo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Selasa, (16/11/21).

Acara tersebut bertujuan sebagai peningkatan kompetensi pendidik PAUD bagi guru TK dalam pengembangan karir pendidik dan tenaga kependidikan satuan Pendidikan PAUD.

Sekda Demak, Singgih Setyono yang menjadi narasumber dan pemateri semangat dan motivasi kerja pada acara tersebut memaparkan, materi dan motivasi berjudul PAUD yang berkualitas jembatan generasi emas. PAUD yang berkualitas jembatan generasi emas ini ada batasannya, mulai dari PAUD, Berkualitas, dan Generasi Emas. 

Dimana PAUD ini merupakan pendidikan anak sebelum masuk SD/MI, kemudian berkualitas itu sehat (jasmani, rohani dan sosial), berkarakter (intregitas tinggi) dan berakhlak mulia. Kemudian yang termasuk dalam generasi emas yaitu generasi yang mampu melampaui perubahan dan tuntutan jaman (knowledge, skill, attitude). 

Dalam hal tersebut ada beberapa hal yang dapat mempengaruhinya, seperti faktor orang tua, guru, lingkungan sekolah, kawan-kawan, lingkungan sekitar rumah dan gadget atau TV atau tontonan. 
"Jadi hal yang paling menentukan anak kita mau jadi seperti apa nanti itu ya tergantung dari apa yang dia baca, kemudian dengan siapa anak itu bergaul dan tontonan apa saja yang sering mereka saksikan. " Katanya. 

Lanjutnya, "Maka dari itu perlu adanya contoh orang tua dan guru yang berperan penting dalam membimbing, mengawasi, mengkawal dan mengarahkan anak-anak tersebut. Bisa dengan mengajak anak-anak untuk pergi ke tempat-tempat yang menggugah semangat dan cita-cita seperti ke Akpol, Akmil, IPDN, ke Universitas terbaik, ke perusahaan-perusahaan yang sukses, atau ke ponpes yang hebat dan lain sebagainya."

Bisa juga memberikan afirmasi kepada anak dengan cara seperti anak di foto ke tempat yang di inginkan, kemudian fotonya di taruh di kamar belajar atau kamar tidur. Kemudian bisa juga di tambahkan dengan tulisan sebagai pemicu anak seperti ingin jadi apa?, ajari anak untuk membaca setiap hari, lakukan monitoring secara periodik dan datangkan coach hebat atau guru-guru hebat. (Kominfo/Put)

Tags inovasi pendidikan motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 366
Kunjungan Bulan Ini : 23128
Kunjungan Tahun Ini : 104522

Ikuti Kami