Pasar Ndoro Bei Mengajak Pengunjung Kemasa Jadul

Demak - Pasar Ndoro Bei yang digelar di Pendopo Notobratan Kadilangu menawarkan nuansa jaman dulu serasa ke abad ke-18. Nuansa yang ada mencerminkan suasana pasar tradisional rakyat, lapak pedagang dibangun dengan konstruksi berbahan bambu dan welit. Makanan yang ditawarkan pun berupa menu-menu jaman dulu. Seperti getuk lindri, es dawet ndoro hayu, jamu coro hingga permen jadul gulali. 

Pasar rakyat bernuansa jadul di gelar selama 2 hari, Sabtu 26 Agustus hingga Minggu, 27 Agustus 2023.  Nuansa jadul pun sangat terasa dimana para pedagang pun menggunakan pakaian rakyat jaman dahulu, pedagang wanita menggunakan kebaya, pedagang pria menggunakan lurik dan gombrong hitam yang merupakan pakaian khas rakyat di masa Kasultanan Bintoro. 

Untuk membeli maupun menikmati kuliner yang ada di Pasar Ndoro Bei ini, uniknya tidak menggunakan uang tunai, namun menggunakan kepingan koin dari kayu. Harga perkeping koin kayu Rp 5000 yang dapat ditukarkan di pintu masuk. 

Salah satu pengunjung Rian menyampaikan, pasar tradisional jadul ini sangat menarik karena betul-betul menggambarkan di masa jaman Kasultanan Demak Bintoro.

"Untuk menu yang ditawarkan pun menu jajanan tempo dulu dengan membayar 2 hingga 3 keping. Untuk rasanya pun enak, karena saya mencicipi es dawet Ndoro Hayu selain itu saya membeli Jamu coro yang merupakan masakan tradisional Demak. ya pokoknya oke deh dari menu dan suasana menggambar kan suasana jadul," kata Rian saat di temui di lokasi Pasar Ndoro Bei, Sabtu (26/08/23).

Agenda Catur Sasangka merupakan cipta karya yang spektakuler di Demak yang diharapkan menjadi pionir dalam pelestarian budaya bangsa.

Kegiatan Pasar Ndoro Bei tersebut merupakan rangkaian acara Catur Sasangka yang merupakan cipta karya yang spektakuler di Demak yang diharapkan menjadi pionir dalam pelestarian budaya bangsa yang digelar selama 2 hari tersebut selain menawarkan replika pasar nusantara abad ke -18 juga ada sarasehan sejarah dan budaya, kemudian pagelaran wayang kulit kontemporer, pertunjukan tari sanggar Padma Baswara, pertunjukan tayub hingga kirab tumpeng pranoto mongso. ( Kominfo/rd/ist)

Tags demak wisata

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 27
Kunjungan Hari Ini : 133
Kunjungan Bulan Ini : 26711
Kunjungan Tahun Ini : 172678

Ikuti Kami