Pawai Panjang Jimat Iringi Ratusan Peserta Khitan Tabarrukan

Demak- Sebanyak 269 peserta khitan Tabarrukan diarak keliling bersamaan dengan pelaksanaan pawai Panjang jimat. Kegiatan yang di gelar oleh takmir masjid Agung Demak dalam rangka peringatan haul agung kanjeng Sultan Raden Abdul Fatah Al Akbar Sayyidin Panotogomo ke 521 (Hijriah) / 2023 Masehi.

Menurut Sekretaris Takmir Masjid Agung Demak, H. Fatchan kegiatan pawai di ikuti kurang lebih 31 kontestan. Meliputi unsur TNI/ Polri, Ormas, Pondok pesantren, siswa sekolah, Sabtu (23/12/23).

” Pawai di ikuti 31 kontestan ada unsur TNI/ Polri, marching band, barisan wali songo, group kesenian dan peserta khitan yang di naikan puluhan andong. Setelah di arak keliling dalam kota mereka akan di khitan di komplek Masjid Agung Demak” Kata Fatchan.

Salah satu peserta khitan Tabarrukan siswa kelas 5 SD negeri Babadan Bonang Budi Wicaksono mengaku tidak takut untuk di khitan karena banyak teman teman sebayanya yang sudah khitan sebelumnya. Pihak Panitia memberikan bingkisan berupa baju koko, Sarung , peci ,tas, sandal, pakaian dalam dan uang saku bagi peserta khitan.

Kegiatan Puncak

Setelah di laksanakan Khitan selanjutnya dilaksanakan Majlis Dzikir, Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jalani r.a da Maulidurrasul Muhammad SAW, Sabtu 23 Desember 2023 di Serambi Masjid Agung Demak.

Kemudian Mudarosah Al Qur’an Bin Nadhpr 30 Juz, Minggu, 24 Desember 2023 di Serambi Masjid Agung Demak.

Iring-iring Tumpeng Pitulikur, Ziarah Makam dan Do’a bersama, Minggu , 24 Desember 2023 dari Makan Sentono Ratu menuju Makam Kesultanan Demak Bintoro.

Ganti Slambu Makan Kesultanan Demak Bintoro dan Tahlil Umum bersama PPMA, Senin 25 Desember 2023 di Makam Kesultanan Demak.

Dan puncaknya akan dilaksanakan pengajian Haul Agung yang di gelar di Alun Alun Demak dihadiri Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dari Pekalongan dan Al Habib Ali Zainal Abidin As Segaf dan Prof. DR. Kyai H. Said Aqil Siraj MA.

( komf/ Ry)

Tags musik hiburan wisata seni-dan-budaya demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 312
Kunjungan Bulan Ini : 20697
Kunjungan Tahun Ini : 79499

Ikuti Kami