Peduli Lingkungan, Gotong Royong Mempercantik Kampung

Demak – Dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 77  banyak kampung dan pemukiman yang berhias dan bersolek. Mereka berlomba lomba mempercantik lingkunganya . Salah satunya perkampungan di Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung.
Terlihat berwarna warni, mulai dari gang masuk, rumah-rumah penduduk, pagar rumah, tutup saluran air, fasilitas umum seperti lapangan tempat bermain diwarnai dengan cat sehingga lebih cerah dan berwarna. 

Disebut kampung “Sarwo Pelangi” selain menyambut HUT Kemerdekaan RI ke  77 juga sekaligus mengikuti Lomba Kampung Juara (LKJ) yang diselenggarakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Demak.

Perangkat Desa Mutih Wetan, Siska Kurniawan mengatakan, warganya antusias setelah ikut LKJ. Secara gotong royong mereka merubah kampung yang kumuh menjadi kampung yang semarak, indah dan bersih. Tidak hanya tenaga mereka juga mengeluarkan biaya untuk mensukseskan desanya ikut LKJ.

“Ini kali pertama Desa kami ikut LKJ, mudah mudahan dapat juara. Sehingga dapat menambah semangat warga dalam menjaga kebersihan dan juga keasrian kampungnya. Pemerintah Desa juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga mensukseskan LKJ lewat Kampung Sarwo Pelangi ,”kata Siska, Selasa (9/7/22) . 

Hal sama juga dikatakan Nuryadi warga RT 03 RW03 , dengan adanya lomba Kampung Juara warga terlihat kompak dalam menyiapkan segala sesuatunya. Semua dikerjakan bersama secara gotong royong selain tenaga mereka juga keluar biaya. 
Menurut Nuryadi, kegiatan bersih-bersih desa memang  Tidak hanya untuk lomba saja namun seterusnya. Dengan kampung yang bersih membuat warga betah tinggal di rumah dan menyehatkan badan. Terutama halaman kosong bisa dijadikan taman obat keluarga, jika di rawat dengan baik keluarga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

“Contohnya ini lombok sudah bisa di panen, terong juga dan ini ada waluh bisa untuk kolak dan kalau banyak juga bisa dijual . Mudah mudahan Kampung Sarwo Pelangi bisa jadi juara 1 dan dapat hadiah uang Rp 200 Juta “, kata pak Nuryadi. (kominfo)

Tags hiburan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 781
Kunjungan Bulan Ini : 19309
Kunjungan Tahun Ini : 78111

Ikuti Kami