Penandatanganan Komitmen Bersama

Press Release
Penandatanganan Komitmen Bersama 
Demak, 08 Maret 2022.

Bupati Eisti’anah bersama para pejabat Pemerintah Kabupaten demak menandatangani komitmen bersama program Satu Data Demak, Smart City, Sp4n Lapor. 

Penandatanganan diawali oleh Bupati, disusul Wakil Bupati Ali Makhsun, Sekda Singgih Setyono serta Para Asisten. Kemudian dilanjutkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Ghradika Bina Praja, Selasa (08/03/22).

Dalam laporannya, Kepala Dinkominfo Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menjelaskan, bahwa penandatanganan komitmen merupakan keharusan dan kewajiban para pelayanan publik yang dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan tujuan, agar program Smart City, Sp4n Lapor, Satu Data Demak, kemudian program Keterbukaan Informasi Publik terus berkesinambungan.

“Siapapun pemimpinnya, siapapun kepala OPD, harus meneruskan komitmen bersama ini setiap tahunnya,”ungkap Endah.

Endah menambahkan, hasil dari komitmen yang dilakukan hampir di semua sisi membuahkan hasil maksimal untuk Demak.  Program Smart City misalnya, mendapatkan penghargaan kategori smart society dengan quick win “Cengkraman Mata Elang”. Sedangkan untuk Program Sp4n Lapor membuahkan capaian membanggakan, dengan mengharumkan nama Demak di tingkat nasional sebagai Pengelola Layanan Aduan Terbaik  se- Indonesia Tahun 2021.

Untuk, Keterbukaan Informasi Publik, selama 2 tahun berturut-turut (2020-2021) Kabupaten Demak  berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Jawa Tengah sebagai Kabupaten Informatif dengan menduduki posisi 3 besar dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Sedangkan untuk Satu Data Demak, pengumpulan data yang dilakukan oleh Dinkominfo sebagai wali data telah terkumpul sebanyak 20.342 data per 4 Maret 2022. Ini merupakan capaian yang fantastis karena merupakan pengumpulan data terbanyak se-Jawa Tengah.

“Harapan kami, upaya ini tidak terhenti  sampai di sini saja. Ini baru merupakan awal dan kami akan terus mendaki. It’s only the beginning. Untuk itu izinkan kami mohon doa restu, dukungan serta kerjasama dari semua pihak, khususnya yang hadir disini. Semoga penandatanganan komitmen hari ini, yang sekaligus menjadi momentum peringatan HUT ke 519 dapat membawa Demak Guyub Rukun lebih Bermartabat, Maju dan Sejahtera masyarakatnya, ” terangnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Eisti’anah menyampaikan,  penandatangan komitmen tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, efektif ,efisien, akuntabel.

Bupati berharap dengan ditandatanganinya komitmen bersama ini, para pelayan publik dapat memberikan  pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya dalam bidang informasi.

“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya penandatanganan komitmen bersama program Smart City, Satu Data Demak, SP4N Lapor, dan Keterbukaan Informasi Publik ini. Semua program tersebut merupakan kerja kolaboratif seluruh perangkat daerah yang ada di Kabupaten Demak,”kata Eisti.

Bupati menambahkan, komitmen bersama ini agar dapat dilaksanakan dengan baik sebagai upaya mengakselerasi pelayanan informasi publik dan meningkatkan transparansi pemerintahan.

Dalam kesempatan yang sama juga diserahkan penghargaan KI AWARD 2021 dari KIP Propinsi Jateng untuk dua PPID dan PPID AWARD 2021 untuk delapan PPID pembantu. (Kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 2
Kunjungan Hari Ini : 540
Kunjungan Bulan Ini : 2990
Kunjungan Tahun Ini : 199516

Ikuti Kami