Pengelolaan Irigasi di Rapat Komisi Irigasi Kabupaten Demak 2024

Demak - Bupati Eisti'anah menyampaikan bahwa irigasi merupakan salah satu faktor kunci dalam sektor pertanian dalam meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Demak. 

Hal tersebut disampaikan saat rapat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Demak dalam Rapat Koordinasi Komisi Irigasi Kabupaten Demak Tahun 2024 di Gedung Grhadika Bina Praja. Kamis, (20/06/2024). 

"Sektor pertanian yang maju dan unggul sangat bergantung pada sistem irigasi yang efektif dan efisien. Pendayagunaan dan pemanfaatan sumber daya air secara berkelanjutan perlu menjadi perhatian serius, guna mencukupi pemenuhan kebutuhan irigasi untuk pertanian rakyat, tanpa mengesampingkan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat," Katanya. 

Eisti'anah juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini yang bertujuan untuk evaluasi masa tanam 1 (MT.1), masa tanam 2 (MT.2), dan persiapan menghadapi musim kemarau. Ia meminta Komisi Irigasi untuk merumuskan rencana tata tanam dengan mempertimbangkan data debit air yang tersedia di setiap daerah irigasi. 

Dalam rapat juga membahas pola tanam dan rencana tata tanam musim hujan tahun 2023-2024 dan musim kemarau tahun 2024 yang telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Demak Nomor 520 Tahun 2023. Penetapan ini bertujuan untuk mengatur ketersediaan air di masing-masing daerah irigasi.

Dalam kesempatan tersebut, Eisti'anah juga menyinggung tentang tantangan geografis Kabupaten Demak yang berada di jalur hilir sungai dan memiliki 13 DAS (Daerah Aliran Sungai) yang melintasi wilayah tersebut. Selain itu, ia juga menyoroti masalah penurunan muka tanah (land subsidence) yang dialami Kabupaten Demak dengan rata-rata 1 hingga 20 cm per tahun.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bapelitbangda selaku Ketua Umum Komisi Irigasi Kabupaten Demak, Plt. Kepala Dinputaru selaku Ketua Harian Komisi Irigasi Kabupaten Demak beserta jajaran Kepala UPTD 4 Wilayah, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana Semarang, Kepala BMKG Provinsi Jawa Tengah, Kepala Balai PSDA Bodri Kuto Semarang, Kepala Balai PSDA Seluna, Kepala Dinpertan Pangan selaku anggota Komisi Irigasi Kabupaten Demak, serta tamu undangan. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 629
Kunjungan Bulan Ini : 14970
Kunjungan Tahun Ini : 160937

Ikuti Kami