Pentingnya Implementasi Core value BerAKHLAK Bagi ASN

Demak- BerAKHLAK yang merupakan  akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif bukan hanya slogan melainkan sebuah nilai yang sangat penting sebagai rujukan dalam bersikap dan berperilaku oleh seluruh ASN.

 

Hal tersebut disampaikan sekretaris BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan) Demak, Donny prabowo saat talkshow di RSKW, Kamis 26/09/2024.

 

Donny menyampikan, Secara nasional Demak berada pada indeks B,  artinya cukup sehat namun untuk implementasi, Demak berada di tahap awal yaitu masih seputar knowlage.

 

“ Upaya itu akan berlanjut kepada menginternalisasi, tentunya hal tersebut tidak singkat. Karena yang pertama kita harus pahami, kenali dahulu baru nantinya kita menargetkan untuk dapat diinternalisasikan dalam  sikap dan perilaku kita sehari-hari,” jelas Donny.

 

Lanjutnya, Sebagai upaya didalam pengembangan kompetensi bagi ASN,  pada bulan Juli BKPP telah melaksanakan pelatihan khusus bagi ASN yang difokuskan pada pengembangan nilai BerAKHLAK,  berupa workshop tentang internalisasi core value ASN BerAKHLAK yang disuport oleh Dinkominfo Kabupaten Demak.

 

“ Disitu kita menargetkan seluruh ASN ikut berpartisipasi secara  hybrid, Alhamdulillah respon ASN sagat baik. Baik yang hadir secara luring maupun daring.  Ini  menjadi bagian dari pengembangan kompetensi yang kami galakkan,” jelas Donny

 

Ditambahkan, mekanisme dalam  mengukur sejauh mana ASN menerapkan nilai Core value BerAKHLAK , Kementerian PANRB telah melakukan survey indeks BerAKHLAK. Survey ini mengukur sejauh mana tingkat implementasi nilai core value di masing- masing instansi.

 

" Kita menyadari bahwa hal ini tidak mudah, tentu kalau hanya menyampaikan sangat mudah tapi menginternalisasi yang sulit, “ tambah Donny.

 

Donny berharap, Core Value BerAKHLAK  dapat diimplementasikan oleh ASN sebagai pola sikap dan pola perilaku dalam kehidupan sehari-hari. (Komf/nin)

Tags inovasi layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 19
Kunjungan Hari Ini : 336
Kunjungan Bulan Ini : 44453
Kunjungan Tahun Ini : 263154

Ikuti Kami