Peran Lintas Sektor Dalam Penanggulangan Stunting

Demak - Indikator Stunting dapat dilihat dari 3 faktor yaitu pertumbuhan fisik, otak dan metabolisme. Pendek saja  tidak dapat dikatakan stunting. Hal tersebut disampaikan kepala Dinpermades P2KB Taufik Rifa’I dalam acara TalkShow di RSKW Selasa, (09/07/2024).

 

“Stunting menjadi masalah kita bersama, ada intervensi spesifik dan sensitive, bukan hanya tugas Dinas kesehatan saja tetapi juga seluruh  OPD yang terkait termasuk Pemdes.  Sosialisasi edukasi akan terus dilakukan, kita tidak boleh puas dengan capaian yang sudah diperoleh demi generasi kedepan yang lebih baik, “ tambah Taufik.

 

Dalam  Talkshow yang dipandu oleh host lulu Nagita, turut hadir sebagai narasumber, Kabid KB Dinpermades P2KB Indah Kusumawati. Indah menyampaikan, Stunting itu tidak melulu pendek, yang dikhawatirkan adalah gangguan pertumbuhan otak yang disebabkan kurang gizi kronis. Pendek saja tetapi perkembangan otak baik belum bisa dikatakan stunting. Pendek hanya deteksi awal saja, sebagai bentuk intervensi kita, “ Jelas Indah

 

Lebih jauh Indah menjelaskan, Demak memiliki kader tim pendamping keluarga yang jumlahnya 2.771. Wilayah kerjanya di Rt dan Rw, pendampingan sangat intens dilakukan, ada pelatihan Elsimil siap nikah dan siap hamil, para Catin  didampingi dan ditanya apakah tablet tambah darah diminum tidak. Kemudian untuk ibu hamil jika  ditemui  KEK (kurang Energi Kronis ) harus segera diintervensi dengan informasi edukasi,” tutur Indah. (Kominfo/nin)

Tags sosial-dan-peduli-sesama demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 869
Kunjungan Bulan Ini : 22643
Kunjungan Tahun Ini : 168610

Ikuti Kami