Peringati Hari AIDS, Pemkab Demak Gelar Sarasehan Cegah HIV

Demak - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Demak menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Peduli AIDS dan Peringatan Hari AIDS di Pendopo Satya Bhakti Praja. Kamis, (1/12/22).

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk meingkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap penyakit HIV/AIDS. Kemudian Kelompok Warga Peduli AIDS menjadi wadah atau sarana koordinasi, komunikasi dan tukar informasi. Serta menjaga harmoni warga tanpa ada diskriminasi dan stigma bagi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dan edukasi dan fasilitasi ke layanan. 

Hal tersebut di ungkapkan oleh Muhammad Muzayyin Sekretaris KPA Kabupaten Demak dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, Muhammad Muzayyin menyampaikan pada bulan September 2022 sudah ada sebanyak 725 Kasus yang dimana 632 HIV dan 93 AIDS tersebar diseluruh Kecamatan Kabupaten Demak. 

"Adanya kasus tersebut karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap HIV AIDS, kemudian masih adanya diskriminasi terhadap ODHA, serta kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk menindak lanjuti pembentukan warga peduli AIDS." Kata Muzayyin. 

Tidak lupa dirinya juga menyampaikan bahwa narasumber pada kegiatan hari ini adalah Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito dan Lisa Novi Puspita Sari, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Sultan Fatah. 

Sementara Wakil Bupati Demak Ali Makhsun menyampaikan, untuk menurunkan angka HIV AIDS di Kabupaten Demak, harus gencar melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya sex bebas.

"Sembari melakukan edukasi masyarakat, Dinas Kesehatan melalui puskesmas harus juga giat mendata orang tergolong ODHA guna tidak menyebar luaskan penyakit kepada orang lain." kata Ali. 

"Penyebab AIDS akarnya adalah freesex (sex bebas) , di Demak ada pegiat AIDS sehingga pentingnya ada edukasi, kalau kami ingin menyelesaikan permasalahan data harus valid, kalau tidak valid bagaimana kami menyelesaikannya," Tambah Wakil Bupati. 

Menurutnya untuk menangangi permasalahan HIV AIDS tidak bisa dilakukan Pemkab saja, melainkan harus adanya campur tangan seluruh masyarakat atas bahayanya penyakit tersebut.

"Bila kesadaran masyarakat sudah terbangun dan bisa lebih optimis untuk meraih target zero kasus pada tahun 2023. Mari bareng bareng menanggani masalah ini, biar bisa meraih target Zero di tahun 2023," Tegasnya. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan ODHA secara simbolis oleh Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, PJ Sekda Eko Pringgolaksito, dan Staf Ahli Bupati. 

Selanjutnya paparan materi oleh Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Demak Eko Pringgolaksito dan Lisa Novi Puspita Sari, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS. Sultan Fatah yang membahas mengenai satukan langkah cegah HIV semua setara akhiri AIDS. 

Yang di dalam paparannya antara lain berisi mengenai Visi dan Misi cegah HIV AIDS. 

Adapun Visinya yakni terkendalinya penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Demak.

Sementara untuk Misi yang pertama yakni mendorong kepada semua pihak untuk meningkatkan kepedulian dalam penanggulangan HIV/AIDS. Kedua meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi penderita HIV/AIDS. 

Ketiga mendorong kemandirian masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS. Keempat menggalang SDM dan Sumber Dana Masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS. Kelima menciptakan perilaku yang aman dari resiko penularan HIV/AIDS. Dan keenam mengurangi stigma dan diskriminasi pada ODHA.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, CSR (Corporate social responsibility) , Pokja KPA, Pegiat HIV, Sekretaris Desa se - Kabupaten Demak, Konselor HIV se - Kabupaten Demak, Kelompok Dukungan Sebaya Delima Demak serta tamu undangan.  (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 5
Kunjungan Hari Ini : 317
Kunjungan Bulan Ini : 15125
Kunjungan Tahun Ini : 15125

Ikuti Kami