Permudah Sistem Pengumpulan Dan Pengolahan Data Melalui Dapodik

Demak – Dalam rangka untuk memutahirkan data pokok pendidikan (Dapodik), Dinas Pendidikan Kabupaten Demak mengajak kepada seluruh satuan pendidikan jenjang PAUD(TK, KB, TPA, SPS), Bidang Pendidikan Dasar (SD,SMP), dan Pendidikan Masyarakat (PKBM, SKB dan LKP) Se-Kabupaten Demak untuk melakukan pemutakhiran aplikasi dapodik versi 2021.c.

Pendataan Dapodik sendiri merupakan sistem pengumpulan dan pengelolaan data pokok pendidikan yang terintegritas untuk seluruh jenjang dan seluruh entitas data pokok pendidikan. Input data dilakukan oleh sekolah dan dikirim scara real-time ke Kemendikbud.

“Jadi peran pihak sekolah yaitu melakukan penginputan data secara langsung melalui aplikasi dapodik untuk dikirimkan secara real-time ke Kemendikbud. Data yang terdapat di Dapodik yaitu terkait Profil Satuan Pendidikan, Siswa, Sarpras, pendiddik dan tenaga pendidikan ”, jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Eko Pringgo Laksito melalui Kepala Sub Bagian Program Dwi Isnaini Saparyati saat di hubungi tim Dinkominfo, Rabu (20/01/21).

Dijelaskan, Aplikasi Dapodik merupakan wujud menjawab perkembangan zaman dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mengelola sumber daya data (Data Resourcing). Sistem datanya telah dipayungi Permendikbud nomor 79 Tahun 2015.

Dwi Isnaini mengatakan, “Kami pihak Dinas Pendidikan Kabupaten memiliki peran sebagai manajerial data daerah, melakukan bintek/sosialisasi, mengatur akun dan arus data dari sekolah, layanan Tanya jawab, dan membatu sekolah terkait teknis utuk jenjang SD dan SMP”.

“Sebelum ada Dapodik kami sudah melakukan pendataan melalui aplikasi dari Kemendikbud juga. Namun dengan hadirnya Dapodik ini penggunaannya semakin lebih mudah”,pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags layana-publik

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 10
Kunjungan Hari Ini : 418
Kunjungan Bulan Ini : 17575
Kunjungan Tahun Ini : 98969

Ikuti Kami