Persiapkan Diri Menghadapi Purna Tugas Bagi ASN

Demak - Purna tugas merupakan hal yang pasti dan akan dialami oleh semua Pegawai Negeri Sipil, namun tidak mudah sebagian PNS mengelolanya saat tidak ada persiapan sebelumnya. Jelas Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Demak, Hadi Waluyo, Kamis (23/09/21) dalam Sosialisasi Purna Tugas Bagi PNS lingkungan Kabupaten Demak di Ruang Kelas Belimbing.

Seorang PNS membutuhkan adanya bekal untuk menghadapi masa-masa pensiun sehingga dapat menghadapi ataupun meminimalisir munculnya post power sydrome.

“Sebagaimana yang sering kita dengar istilah “Life begins at Forty”, memberikan pembelajaran bagi kita bahwa kehidupan seseorang bisa saja dimulai pada saat usianya sudah tidak muda lagi,”kata Hadi.

Menurutnya, harus ada eksistensi diri yang terus dijaga sehingga dapat terus berkarya dan berproduktivitas tinggi. Terlebih lagi dengan adanya reformasi birokrasi, harus dapat mengubah pola pikir yang lama menjadi lebih maju, profesional dan inovatif sehingga dapat menerima perubahan dengan baik. 

“Justru setelah purna tugas maka kita akan mempunyai waktu longgar untuk dapat berbuat lebih banyak lagi dan bermanfaat bagi keluarga serta lingkungan sekitar, “terangnya.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, masa pensiun bukan akhir dari proses aktivitas dan kreativitas, otak harus terus dirangsang untuk terus berfikir dan berfikir. Pengabdian tidak berhenti hanya karena memasuki Purna Tugas. 

“Setelah masa pensiun, semangat dan optimisme harus tetap menyala. Kontribusi seorang pensiunan justru semakin nyata dan diperlukan pada saat ia terjun dalam kehidupan bermasyarakat,”pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 12
Kunjungan Hari Ini : 738
Kunjungan Bulan Ini : 28257
Kunjungan Tahun Ini : 174224

Ikuti Kami