Petambak Desa Kedungmutih Gelar Selamatan, Sebelum Pembangunan Tanggul

Demak – Petani tambak Desa Kedungmutih Kecamatan Wedung  menggelar do’a bersama sebelum dimulainya   pembangunan tanggul sungai SWD 1 oleh BBWS PJ Jawa Tengah, Sabtu (13/7/24) . Do'a bersama diikuti puluhan petambak yang tergabung dalam Paguyuban Petambak Sungai Kalianyar dan Ketapang. Kurang lebih  50 petambak, Pengurus dan sejumlah tokoh masyarakat desa.

Doa Bersama di lakukan di lokasi tanggul yang jebol , Selain doa bersama mereka juga menggelar slametan berupa ingkung ayam sebagai ungkapan rasa syukur mereka atas pembangunan tanggul yang telah lama dinantikan pembangunannya. 

Dengan di rehabnya tanggul yang rusak, warga berharap kedepannya  tambak dapat digarap dengan baik untuk membuat garam dan juga  ikan.

Roisul Huda Pengurus Paguyuban Petambak Sungai Kalianyar dan Ketapang mengatakan, jebolnya tanggul sungai SWD1 sudah beberapa kali. Penanggulangan secara  darurat juga sudah dilaksanakan berulang kali. Namun,karena tidak maksimal ketika banjir dan rob datang tanggul tersebut jebol kembali. Sehingga tambak-tambak tidak bisa digarap dengan maksimal. 

“Alhamdulillah di tahun 2024 ini nampaknya di rehab secara total tidak darurat lagi. Tidak hanya digali dengan tanah biasa namun nantinya di pasang paku bumi dari beton yang ditancapkan ke bawah. Sehingga tanggulnya benar-benar kuat dan tidak akan lagi jebol jika banjir atau rob besar datang,” tambah Roisul.

Petambak garam  Ulin Nuha mengatakan,  petambak yang telah terdampak  jebolnya Sungai SWD 1,  rawan rob dan banjir jika musim hujan. Meskipun ada perbaikan sifatnya hanya darurat tambal sana tambal sini. Sehingga lokasi jebolnya tanggul berpindah -pindah dan ini membuat petambak selalu was-was. Jika banjir atau rob tiba. 

“Kondisi sekarang ada 20 petambak yang tidak bisa menggarap lahan untuk membuat garam. Tambak dibiarkan begitu saja karena digarap pun sudah pasti rugi. Sehingga kami petambak membuat usulan perbaikan tanggul berkali-kali. Nah pada tahun 2024 ini direalisasikan oleh pemerintah lewat BBWS PJ, "Jelas Ulin.

Dengan dimulainya pembangunan tanggul sungai SWD 1 di Desa Kedungmutih ini petambak berharap kesulitan pengelolaan tambak beberapa tahun ini dapat teratasi. Selain itu juga tidak ada rasa was was lagi jika banjir atau rob tinggi tiba. Dampak lain  perekonomian petambak dapat meningkat dari tahun sebelumnya. 

(Komf/ nin-ist)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 11
Kunjungan Hari Ini : 248
Kunjungan Bulan Ini : 14589
Kunjungan Tahun Ini : 160556

Ikuti Kami