Pilihan Wisata di Demak saat Syawalan

Demak – Destinasi merupakan suatu kawasan spesifik yang dipilih oleh seorang pengunjung dimana dia dapat tinggal selama waktu tertentu. Adapun beberapa tempat wisata itu antara lain pantai, taman, laut, hutan, pegunungan, pusat perbelanjaan atau mall, tempat bersejarah, museum, sentra kuliner, danau, waduk, situ, kolam renang, alun-alun, pemandian air panas, kebun binatang, air terjun, taman bunga dan buah, dan lain sebagainya.

Hal Tersebut di ungkapkan oleh Kabid Promosi dan Pemasaran Ardhito Prabowo saat talkshow di RSKW 104.8 FM dengan tema “Pilihan Wisata Syawalan di Demak”, Selasa, (28/3/23). Hadir pula dalam talkshow tersebut Suryo Hadi Wibowo selaku Manager tempat wisata Demak Gren Garden (DeGeGa).

“Sebuah tradisi yang dilaksanakan rutin oleh warga pesisir yang ada di Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut adalah sedekah laut yang dilaksanakan pada tanggal 7 syawal. Karena dilaksanakan di bulan syawal kegiatan ini lebih familiar dengan sebutan syawalan,” Kata Bowo.

“Saya harap nuansa jawa islam melebur jadi satu untuk mengharapkan berkah yang jauh labih baik di awal tahun yang baik. Tradisi turun temurun yang diyakini masyarakat akan memberikan berkah. Ayo dolan demak, nek orak demak ora kepenak,” harapnya.

Kegiatan syawalan yang semula terpusat di pantai atau di daerah pesisir sekarang mulai berkembang. Terutama di Demak kegiatan syawalan juga ramai di wisata Demak green garden ( DeGeGa). 

“Kami menghimbau kepada masyarakat Demak mari berwisata di Demak. Dengan berwisata di Demak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Demak akan meningkat pula. Sudah saatnya Demak bangkit, bermartabat maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Sementara Suryo Hadi Wibowo selaku Manager tempat wisata Demak Green Garden (DeGeGa) dalam kesempatan tersebut menyampaikan inovasi yang akan di luncurkan di wisata DeGeGa yakni Paramotor.

“Paramotor seperti paralayang tanpa harus terjun dari ketinggian, sehingga memanfaatkan energi teknis mekanik mesin untuk menggerakannya,” Kata Suryo.

“Paramotor dikendalikan oleh tiga pilot yang mengendarainya, wacana akan diluncurkan tepat pada syawalan atau setelah lebaran 1444 H,” tambahnya. 

Adapun pilihan wisata yang dapat di kunjungi ketika Syawalan meliputi wisata religi Masjid Agung Demak, makam kanjeng sunan Kalijaga, makam mbah Mudzakir, kemudian Wisata bahari, Pantai tambak bulusan, pantai morosari, pantai morodemak, wisata agro petik jambu demak di Mranak dan Betokan, petik jambu kristal di Jeruk Gulung.

Ada pula Wisata edukasi seperti wisata edukasi di desa wisata Tlogoweru, Sibad di Kedungmutih, wisata buatan seperti Polaris, Degega, tembalang Asri, Eko wisata Sendang wuluh, watu lempit serta Museum Glagah wangi dan Museum Masjid Agung Demak. (Kominfo/Apj)

Tags hiburan wisata seni-dan-budaya inovasi demak wisata hiburan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 6
Kunjungan Hari Ini : 490
Kunjungan Bulan Ini : 19018
Kunjungan Tahun Ini : 77820

Ikuti Kami