Polda Jateng dan Badan Metrologi Periksa SPBU di Demak untuk Cegah Kecurangan

Demak - Dalam upaya mencegah kecurangan dan memastikan distribusi BBM bersubsidi berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jawa Tengah bersama dengan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Demak dan UPTD Balai Metrologi Kabupaten Demak melakukan pengecekan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Demak. Senin (1/4/2024). Pengecekan tersebut dilakukan di SPBU Karangrejo dan SPBU Jogoloyo, Kecamatan Wonosalam, Demak.

AKP Winardi, Kasat Reskrim Polres Demak, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, khususnya dalam hal ketersediaan dan kualitas BBM bersubsidi. 

"Kami telah melakukan berbagai pemeriksaan, termasuk verifikasi terhadap alat ukur di SPBU, untuk memastikan ketepatan dan keakuratan pengukuran, agar konsumen tidak mengalami kerugian saat pengisian BBM," katanya.

Tim yang terlibat dalam pengecekan ini juga melakukan pemeriksaan dokumen, seperti izin penjualan BBM, surat keterangan hasil pengujian tera pompa ukur, segel tera, komponen pompa ukur BBM, dan pengujian pompa ukur dengan alat ukur basah berkapasitas 20 liter.

AKP Winardi mengungkapkan harapannya agar pengecekan ini dapat mendorong pemilik SPBU untuk selalu mematuhi aturan dan menjaga integritas dalam menjalankan usahanya. 

Dirinya juga mengimbau kepada pengelola SPBU agar tidak melayani pembelian BBM secara berlebihan guna menghindari penimbunan BBM bersubsidi. 

"Saya harap masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam mengawasi distribusi BBM dengan melaporkan kepada pihak berwajib jika mengetahui adanya penyalahgunaan atau kecurangan yang dilakukan oleh SPBU," pungkasnya.

Kegiatan ini menegaskan komitmen kepolisian dan instansi terkait dalam melindungi hak-hak konsumen dan memastikan distribusi BBM bersubsidi dilakukan dengan adil dan sesuai aturan. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 8
Kunjungan Hari Ini : 328
Kunjungan Bulan Ini : 13989
Kunjungan Tahun Ini : 72791

Ikuti Kami