Polres Demak Kerahkan 530 Personil Untuk Pengamanan Lebaran 1444 H

Demak - Untuk Pengamanan Idul Fitri 1444 H Polres Demak melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi Tahun 2023, bertempat di Lapangan  Wicaksana Lagawa Mapolres Demak. Senin, (17/4/23). Gelar pasukan  untuk mengecek kesiapan personil dan juga sarana prasarana dalam bertugas selama hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M. Hadir dalam giat apel tersebut Bupati Demak Eisti'anah, Dandim 0716 Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo. 

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyampaikan, personil yang dilibatkan dalam operasi ini sebanyak 530 personil yang terdiri dari polri 320 personil dan sisanya adalah dari TNI, Pemda dan mitra Kamtibnas yang ada di wilayah kabupaten Demak. 

"Nantinya seluruh personil ini akan menempati beberapa pos. Pos kita ada enam, terdiri dari pos pelayanan di alun - alun Demak, pos pengamanan terletak di Trengguli Wonosalam, exit tol Kadilangu, exit tol Sayung, Karangawen dan Mranggen, sehingga nanti personil di bagi di enam pos tersebut," Kata Kapolres. 

"Personil yang kita siapkan dari Polres ini untuk mengantisipasi bila nanti di wilayah - wilayah yang membutuhkan bantuan dari personil, sehingga kita cepat untuk memback up," tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga menjelaskan bahwa ada beberapa cara atau tindakan yang akan di lakukan pihaknya apabila arus lalu lintas mengalami kepadatan. 

"Ada cara bertindak kita yaitu di lapangan bila nanti arus mudik yang masuk di wilayah kabupaten Demak ini akan melewati beberapa jalur. Pertama pantura, kedua jalur tol tentunya ada beberapa cara bertindak yang akan kita lakukan. Contohnya di jalur pantura apabila terjadi kepadatan, tim urai nanti baik dari lalu lintas maupun samapta yang sudah kita sprint kan dan sudah kita persiapkan personil nya begitu juga dengan sarana prasarana kendaraannya ini akan bergerak mengurai kemacetan terkhusus di jalur pantura,"

"Terutama bila terjadi rob karena Minggu - Minggu ini robnya dari sore sudah mulai tinggi. Sehingga ada beberapa ruas jalan di jalur pantura ini yang menjadi crowded. Contohnya di kecamatan Sayung tepatnya di depan PT VUB (Varia Usaha Beton) tentunya ada cara untuk kami mengantisipasi baik itu dengan buka tutup maupun dengan melakukan contra flow di tempat bila terjadi crowded kepadatan," Jelasnya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, "jika terkendala di tol kita juga sudah siapkan mobil patwal kita untuk bertugas mengecek dan mengurai pihak tol bilamana terjadi kepadatan. Ini nanti akan kita banyak temui di gate tol sayung mengingat yang akan lewat di gate Sayung akan mengetap kartu e - tol nya. Selanjutnya akan berjalan di gate tol kadilangu,"

Kapolres juga menjelaskan bahwa ada beberapa kendala juga bila terjadi crowded, karena keluar dari gate tol kadilangu ini arus kendaraan crossing. Baik itu yang menuju ke arah Kudus ataupun ke Kabupaten Demak. 

"Kita sudah lakukan formula atau mengantisipasi dengan cara - cara bila terjadi crowded karena crossing, kita akan melakukan manual pengaturan. Jadi kita tempatkan personil dan tepat di pintu keluar gate tol yang menuju ke jalur pantura kita sudah siapkan pos pengamanan dan personil yang akan membantu untuk mengatur arus lalu lintas tersebut," pungkasnya. 
(Kominfo/Apj-rd)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 8
Kunjungan Hari Ini : 339
Kunjungan Bulan Ini : 3621
Kunjungan Tahun Ini : 85015

Ikuti Kami