Profesi Bidan Memiliki Peran Penting

Demak – Bidan memiliki peran yang sangat luar biasa, yang artinya Bidan memegang peran penting bukan hanya untuk ibu hamil dan anak-anak tetapi remaja putri juga dalam menciptakan calon ibu yang sehat. Kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak dr Anggoro Karya Adi Sarsono saat ditemui disela-sela kesibukannya menghadiri kegiatan Gebyar Pelayanan KB MKJP dalam Rangka HUT IBI Ke-71 di Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen.

“Ibu hamil dan anak-anak perlu pantauan seorang bidan begitu pula dengan remaja putri, disini Bidan memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan generasi calon ibu yang sehat dengan memberikan tablet tambah darah kepada siswi sejak dalam tingkat Madrasah, SMP, SMA. Tamblet penambah darah tersebut diberikan kepada remaja putri agar menjadi generasi sehat, generasi tidak anemi,”kata dr Anggoro.

Selain itu, lanjutnya, Bidan juga memiliki peran bagi calon pengantin yakni memberikan informasi konseling tentang kesehatan reproduksi.

“Agar mereka tahu saat menikah kemudian hamil, mereka harus memberikan dan melakukan apa untuk janinya yang ada didalam kandungan. Setelah melahirkan mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk bayinya. Ini menjadi salah satu peran dan kiprah bidan dalam upaya menciptakan generasi muda yang unggul dalam persaingan di era yang akan datang,”jelasnya.

dr. Anggoro menambahkan, stunting juga menjadi masalah saat ini. “Nah ini juga tugas baru untuk bidan,  bagaimana cara memberikan pola asuh yang benar pada anak, memberikan asupan gizi. Dan jika ada bayi yang mendapatkan stempel suspect stunting, mendapatkan perhatian lebih, sehingga saat usia 2 tahun dia tidak menjadi generasi suspect stunting lagi,”pungkasnya. (kominfo/ist-rd)

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 8
Kunjungan Hari Ini : 486
Kunjungan Bulan Ini : 8488
Kunjungan Tahun Ini : 89882

Ikuti Kami