Rapat Evaluasi Koordinasi Pendamping Sosial PKH Kabupaten Demak

Demak - Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinsos P2PA Kab. Demak menggelar Rapat Evaluasi Koordinasi Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Demak Tahun 2023 di Pendopo Satya Bhakti Praja, Kamis, (25/5/23).

Kepala Dinsos P2PA Demak Eko Pringgolaksito selaku panita penyelenggara melaporkan bahwa telah terjadi perubahan yang semula pendamping/pelaksana program keluarga harapan sekarang diubah menjadi pendamping sosial.

Adapun tujuan dari rakor tersebut adalah untuk memantapkan tugas para pendamping sosial didalam pelaksanaan tugas.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinsos P2PA Demak Eko Pringgolaksito menjelaskan keluarga penerima manfaat dan program keluarga harapan setiap bulannya mengalami dinamika, ada yang berkurang, ada yg bertambah. Kurang lebih sampai saat ini di kabupaten Demak ada 64 ribu keluarga penerima manfaat dan keluarga harapan.

"Pada program keluargaharapan diharapkan dapat menjawab permasalahan pemerintah berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan, penanggulangan stunting, dan penanganan penyandang disabilitas," kata Eko. 

Sementara Bupati Demak Eisti'anah menyampaikan terima kasih kepada para pendamping PKH yang sudah bekerja keras untuk berkontribusi serta berpartisipasi mendukung pemerintah dalam upaya mengentaskan kemisikinan.

"Saya harap kepada para pendamping untuk terus meningkatkan komunikasi, koordinasi dan konsultasi. Setiap elemen PKH, baik koordinator, pendamping maupun operator harus saling asah, asih dan asuh, sehingga Program Keluarga Harapan dapat mewujudkan harapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk hidup lebih sejahtera," kata Eisti. 

Seorang pendamping PKH harus mampu memberikan pencerahan, harapan, serta optimisme, memberikan pendidikan, dan memberdayakan, sehingga setiap KPM memiliki semangat untuk terus bergerak maju dan lepas dari kemiskinan.

“Terus kawal dan awasi program ini sehingga tepat sasaran. Jangan sampai ada penerima yang seharusnya tidak berhak menerima,”pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis, santunan kematian bagi warga miskin dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Demak tahun anggaran 2023. Santunan diserahkan langsung oleh Bupati Demak yang di terima oleh tiga perwakilkan warga miskin, masing - masing senilai Rp. 1 Juta. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bappelitbangda Kabupaten Demak yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Ali Ahmadi, Koordinator Wilayah PKH Provinsi Jateng Setiawan Kosasih, serta para pendamping PKH se-Kabupaten Demak dan tamu undangan. (Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik ekonomi demak nasional kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 513
Kunjungan Bulan Ini : 22287
Kunjungan Tahun Ini : 168254

Ikuti Kami