Rutan Demak Berikan Pelatihan Mandiri Untuk Narapidana

Demak - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memberikan bekal kepada narapidana (warga binaan pemasyarakatan / WBP) dengan pembinaan kemandirian seperti membuat kerajinan bunga, membuat keset, dan pelatihan potong rambut. Rabu, (3/5/23). 

 

Tidak hanya itu saja para warga binaan pemasyarakatan (WBP) juga diberikan pelatihan keterampilan yang berkaitan dengan bisnis, seperti pemasaran, manajemen keuangan, dan pengembangan produk.

Menurut Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin mengatakan, program ini bertujuan untuk memberikan bekal yang lebih lengkap dan bermanfaat bagi WBP. Sehingga para WBP memiliki keterampilan yang memadai untuk membangun bisnis atau usaha mereka sendiri setelah keluar dari Rutan.

"Dengan dibekali pembinaan kemandirian, para WBP dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan di luar Rutan dan tidak bergantung pada bantuan sosial atau keluarga mereka," Kata Riski Burhanndin. 

Riski juga menyampaikan bahwa pembinaan kemandirian ini sekaligus mengajarkan kepada WBP untuk lebih memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat lagi. 

"Kegiatan kerajinan di Rutan Demak memanfaatkan dari bahan-bahan bekas. WBP diberi pengetahuan keterampilan tentang pengolahan limbah plastik dan limbang kain untuk dijadikan barang yang bisa mempunyai nilai jual," terangnya. 

Rutan Demak berharap program ini dapat membantu mempersiapkan WBP untuk kembali ke masyarakat dan menjadi anggota masyarakat yang produktif dan mandiri. (Kominfo/Apj).

Tags seni-dan-budaya inovasi sosial-dan-peduli-sesama layana-publik motivasi-dan-semangat ekonomi demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 18
Kunjungan Hari Ini : 482
Kunjungan Bulan Ini : 23244
Kunjungan Tahun Ini : 104638

Ikuti Kami