Saka Bakti Husada Hadir untuk Cetak Kader Kesehatan Muda

Demak - Dinas Kesehatan Kabupaten Demak sebagai narasumber talkshow bertema "Saka Bakti Husada" . Eni Dewi Setyowati, SKM, selaku Pimpinan Saka Bakti Husada (SBH) Puskesmas Bonang 1, dengan dipandu Host Putri Caramel. Kamis, (24/10/24) di Radio Suara Kota Wali 104.8 FM. 

Eni Dewi Setyowati menjelaskan bahwa Saka Bakti Husada merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Gerakan Pramuka dan Kementerian Kesehatan untuk mencetak pemuda yang siap berperan aktif dalam mendukung kesehatan masyarakat. 

"Saka Bakti Husada membekali anggota Pramuka dengan berbagai keterampilan kesehatan, seperti sanitasi, gizi, pencegahan penyakit, pertolongan pertama, hingga perilaku hidup bersih dan sehat," kata Eni.

Selain itu, Eni menambahkan bahwa Saka Bakti Husada memiliki enam krida utama yang mencakup berbagai aspek kesehatan masyarakat. “Ada Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, dan Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” jelasnya. 

Setiap krida dilengkapi dengan kecakapan khusus yang memberikan anggota pelatihan praktis, misalnya pengendalian penyakit menular, edukasi gizi, dan pembinaan PHBS di berbagai lingkungan.

Hadirnya Saka Bakti Husada dapat terus melahirkan kader-kader kesehatan yang aktif mengedukasi masyarakat dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Anggota Saka Bakti Husada diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membangun kesadaran kesehatan di masyarakat. Dengan semangat Pramuka, mereka bisa membantu mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. 

(Kominfo/Apj).

Tags sosial-dan-peduli-sesama layana-publik demak kesehatan

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 16
Kunjungan Hari Ini : 782
Kunjungan Bulan Ini : 34436
Kunjungan Tahun Ini : 299920

Ikuti Kami