SDN Ngelowetan Ciptakan Taman Edukasi Untuk Mendukung PBLHS

Demak- Bila kita berkunjung di SD Negeri Ngelowetan kecamatan Mijen Kabupaten Demak serasa sedang berada di sebuah tempat wisata eco green park.  Di sekolah ini terdapat ruang terbuka hijau yang mendukung ramah lingkungan. Beragam tanaman buah, tanaman sayur dan bunga tumbuh subur di taman edukasi dan bermain anak. 

Disini juga berdiri sebuah green house yang didalamnya berisi tanaman sayuran daun bawang, seledri, jahe dan lainya yang tumbuh subur didalam planter bag atau pot plastik.

Kepala Sekolah SD Negeri Ngelowetan, Hartono, S.Pd menyampaikan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan pengambangan sekolah. Dari Penataan ruangan yang nyaman untuk belajar, kebersihan lingkungan, peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar, serta kepedulian terhadap lingkungan. 

" Kami menggiatkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Yang merupakan sebuah aksi yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran diri dan sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan" Terang Hartono, Minggu ( 23/1/22).

Sementara itu, salah satu siswi di sekolah tersebut Parisya Lituhayu Javas mengaku senang dan nyaman dengan tersedianya taman baca, green house serta penerapan hidup sehat dan budaya bersih lingkungan di sekolahnya. “Kita semua menjadi lebih semangat dalam belajar. Saat istirahat pun kita bisa bermain di tempat yang teduh dan nyaman,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan PBLHS  selain gaya hidup sehat, kepedulian lingkungan juga pemanfaatan lahan untuk penanaman aneka tanaman. Untuk pemanfaatan lahan kosong dibuat taman hijau dengan aneka tanaman bunga, buah, sayur serta tanaman obat. Sedangkan untuk mendukung kepedulian lingkungan membudayakan  hidup bersih dengan penyediaan tempat sampah di tiap sudut sekolah. ( kominfo/ Rdy)

Tags pertanian-dan-perkebunan demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 29
Kunjungan Hari Ini : 1299
Kunjungan Bulan Ini : 15640
Kunjungan Tahun Ini : 161607

Ikuti Kami