Sekda : Data Prioritas Sektoral Berperan Penting Dalam Pembangunan

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Bappelitbangda Kabupaten Demak menggelar Forum Satu Data Indonesia Triwulan I Tahun 2023, Selasa (07/02/23) di Grhadika Bina Praja. Acara yang di buka oleh Sekda Demak Akhmad Sugiharto dihadiri Perwakilan Bappeda Prov Jateng, Kepala BPS Demak, Plt. Kepala Bappelitbangda Demak, Kabid IKP Dinkominfo Demak dan semua Sekretaris OPD beserta Admin PPID.

Dalam sambutannya, Sekda Demak Akhmad Sugiharto menyampaikan, Data Prioritas Sektoral mempunyai peran penting dalam suatu pembangunan. Maka dari itu bekerja berdasarkan data merupakan tugas yang harus dilakukan karena data akan menjadi dasar pertimbangan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan. 

Menurutnya, data yang akurat sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan, terutama pengambilan kebijakan. Oleh karena itu satu data harus bisa dipertanggungjawabkan dan sudah tervalidasi. 

Lebih lanjut Sekda berharap, setiap OPD sebagai Produsen Data dan Dinkominfo sebagai Wali Data untuk sama-sama menyamakan persepsi. Sehingga nantinya akan menghasilkan data sektoral yang akurat dan akuntabel.

Plt. Kepala Bappelitbangda Demak Masbahatun Niamah mengungkapkan, dengan adanya Forum Satu Data tersebut pihaknya berharap agar dapat terciptanya data yang berkualitas dan valid.

"Data di beberapa Perangkat Daerah ada yang belum update, maka dari itu tugas sekretaris OPD untuk bisa mengkoordinasikan datanya agar lebih update lagi," katanya.

Sementara, Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinkominfo Demak Agus Pramono menyampaikan, bahwa data-data prioritas yang sudah dikirimkan ke masing-masing OPD nantinya akan ditanyakan apakah sudah disepakati atau masih ada komplain.

"Dimohon untuk di cek kembali apakah data tersebut ada di panjenengan semuanya atau nggak. Kalau tidak nanti bisa dikonfirmasi ke kami dan nantinya akan dicoret dari data prioritas panjenengan. Bila tidak ada masalah maka bisa disepakati bersama untuk data prioritas tahun 2023nya," pungkasnya. (kominfo/ist)

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 21
Kunjungan Hari Ini : 1244
Kunjungan Bulan Ini : 31206
Kunjungan Tahun Ini : 177173

Ikuti Kami