Semangat Nasionalisme di Tengah Pandemi

Demak - Pandemi Covid-19 yang tengah melanda negeri ini,tentunya harus menjadi perhatian semua pihak. Kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan seluruh warga negara setiap melakuakan aktivitas menjadi bagian dari semangat nasionalisme.

Handoko Koordinator Literasi Digital Kabupaten Demak mengatakan, sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya menjaga ketertiban masyarakat dengan mematuhi aturan yang berlaku, mematuhi dan menaati hukum negara, bersedia mempertahankan dan memajukan negara.

Menurutnya,sikap nasionalisme yang bisa kita tunjukan dengan ikut mendukung dan mematuhi aturan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun daerah, terlebih saat ini ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Semangat nasionalisme di tengah pandemi ini,caranya mematuhi aturan pemerintah terkait protokol kesehatan, memakai masker,mencuci tangan,menjaga jarak,menjahui kerumun serta mengurangi mobilitas,”kata Handoko saat Talk Show di Radio Suara Kota Wali, Kamis (8/7/2021). 

Acara program bincang siang yang dipandu oleh Manajer RSKW Bagus Setiawan ini, mengusung tema Nasionalisme di Tengah Pandemi.

Handoko melanjutkan,pemerintah tidak akan bisa bekerja sendirian tanpa adanya dukungan segenap warga negara dari sabang hingga merauke. Karena itu,semuanya harus bahu membahu melawan Covid-19.

“Sebagai negara Pancasila, dimana Pancasila sebagai dasar kita berbangsa dan bernegara,maka kita harus bahu membahu dan juga gotong royong sebagai bentuk kecintaan pada bangsa untuk bersama sama menurunkan penyebaran pandemi Covid 19 ini,” ujar aktivis muda ini.

Di era digitalisasi,sambung Handoko,perkembangan zaman berubah begitu cepat, karena itu kita harus melek digital.

Terlebih saat ini, semuanya memanfaatan teknologi digital,baik di dunia kerja,pendidikan, kegiatan ekonomi hingga kegiatan sosial. Ketika bisa mengikuti dan sekaligus mempersiapakan diri menuju era digital ini, akan menjadi salah satu peluang bagi masyarakat apalagi situasi pandemi saat ini.

“Kita harus bisa mengikuti perubahan zaman. Era digitalisasi ini harus kita sikapi dengan bijak,tentunya dengan semangat nasionalisme, menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila dan gotong royong sesuai kepribadian bangsa Indonesia,” tutup Handoko.

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 844
Kunjungan Bulan Ini : 29689
Kunjungan Tahun Ini : 175656

Ikuti Kami