SIAP OM Mempermudah Pengajuan Administrasi Kependudukan

Demak - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Demak menggelar Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Membahagiakan Berbasis Digital, Kamis (11/11/21) di RJ Blambangan.

Plt Kadindikbud Eni Susiani melalui Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dindukcapil Luthfiana Nugrahaningtyas mengatakan, garis besar pelaksanaan sosialisasi ini yakni untuk mengurangi percaloan.

“Karena diluar sana banyak yang mendeskriditikan black campaign ataupun hoax yang mejadikan senjata untuk memberikan berita kepada masyarakat kalau mengurus administrasi kependudukan itu susah, sehingga banyak yang menggunakan jasa calo,” kata Luthfiana.

Nantinya, lanjut Luthfiana, melalui pelayanan online dindukcapil urusan pengajuan administrasi kependudukan akan selesai dengan SOP (Standard Operating Procedure) 1X24 jam sejak berkasnya lengkap dan benar.

“Kadang mungkin KIA dan KTP pencetakan itu gampang karena data dukungnya sedikit, tapi kalau KK itu kan data dukungnya banyak karena melalui verifikasi dari petugas. Tetapi jika ada data dukung yang kurang ada notifikasi lewat wa dari petugas untuk melengkapinya,”terangnya.

Sementara, dalam kesempatan tersebut Asisten I Sekda Demak Ahmad Nur Wahyudi berharap, melalui SIAP OM ( Sistem Aplikasi Online Mandiri) masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengajuan berbagai keperluan administrasi kependudukan.

“Jadi bagi masyarakat yang sibuk dengan pekerjaan tidak perlu kawatir karena kapanpun dan dimanapun masyarakat dapat mengajukan administrasi kependudukan online melalui SIAP OM dengan alamat dindukcapil.demakkab.go.id,”ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada peserta sosialisasi untuk menyebar luaskan informasi bahwa Dindukcapil Demak tidak pernah memungut biaya untuk proses administrasi.

Hadir dalam acara tersebut Asisten I Sekda Demak Ahmad Nur Wahyudi, Plt Kadindikbud Eni Susiani, Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dindukcapil Luthfiana Nugrahaningtyas dan 30 peserta perwakilan pemuda-pemudi dari Karang Taruna se Kabupaten Demak. (kominfo/ist)

 

Tags inovasi layana-publik demak teknologi

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 13
Kunjungan Hari Ini : 516
Kunjungan Bulan Ini : 22290
Kunjungan Tahun Ini : 168257

Ikuti Kami