Solusi Transparansi Aset Sekolah Melalui SIAPEM

Demak – Kemajuan teknologi saat ini mempengaruhi semua bidang kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan terutama vokasional. Salah satu peran vital dalam pendidikan vokasional adalah komitmen dan kompetensi guru yang adaptif dan responsif terhadap perkembagan digital, untuk kepentingan pembelajaran. 

Berkat keuletan seorang M Agung Budikusuma (28), guru pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 1 Sayung Demak, peran sebagai guru kompeten dapat disaksikan sepak terjangnya melalui sistem aplikasi peminjaman alat dan bahan (barang) atau disingkat SIAPEM.

Aplikasi ini tercipta berawal dari keprihatinan terhadap ketidakteraturan sirkulasi pinjam pakai barang atau aset di satuan pendidikan tempatnya mengajar. Sehingga dirinya memutar otak untuk mendesain aplikasi sederhana namun tepat guna untuk permasalahan tersebut.

“Sistem ini saya buat setelah melihat inventaris barang yang tidak tertata. Semoga  media ini dapat mempermudah pengurus barang untuk melacak posisi alat/barang yang dipinjam dan siapa peminjamnya,”kata Agung.

Dirinya menjelaskan, aplikasi berbasis web ini membutuhkan admin yang bertugas untuk mengawasi sirkulasi peminjaman. Ia berharap SIAPEM menjadi salah satu solusi bagi digitalisasi dan transparansi aset sekolah yang notabennya merupakan aset Negara. 

“Prototipe ini bisa dikembangkan atau ditautkan pada aplikasi data pokok pendidikan (dapodik),”ujarnya.

Agung juga sempat memamerkan SIAPEM pada gebyar gelar karya program upskilling dan reskilling guru SMK berstandar industri yang diselenggarakan oleh Balai Besa Pengembangan Penjaminan MUtu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI) di  Makassar pada 6-9 Desember 2021.
Dalam acara tersebut dirinya menjadi salah satu peserta dengan prestasi terbaik. Upaya pengembangan aplikasi yang tepat guna ini disambut baik oleh pihak sekolah.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sayung, Santoso mengungkapkan rasa bahagia atas prestasi yang diraih guru-guru SMK 1 Sayung  yang dipimpinnya. “Kami sangat bangga para pengajar SMK N1 Saying memiliki potensi yang luar biasa. Kami menyambut baik program upskilling dan reskilling ini,”tuturnya. (kominfo/ist)
 

Tags demak

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN DEMAK
Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No. 4 Demak 59515
Telephon : 0291 – 685790
Email : dinkominfo@demakkab.go.id

pse

LOKASI

Statistik Kunjungan

Sedang Online : 24
Kunjungan Hari Ini : 404
Kunjungan Bulan Ini : 26982
Kunjungan Tahun Ini : 172949

Ikuti Kami